SBY Bernostalgia di Rumah Makan Ampera

VIVAnews - Di tengah hiruk pikuk jelang pemilu presiden 8 Juli 2009, Susilo Bambang Yudhoyono tak mau bicara soal politik. Yudhoyono memilih berbincang santai dengan para wartawan dan staf yang mendampinginya di Rumah Makan Ampera, Jalan Soekarno-Hatta, Bandung Selatan.

Topiknya, soal nostalgia masa lalu di restoran yang punya menu unggulan ayam goreng itu. Diceritakan SBY, saat merencanakan kunjungan ke Bandung dalam rangka puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional, beberapa stafnya mengusulkan rumah makan Ampera. "120 persen mengusulkan Ampera, saya setuju, istri juga setuju," kata Yudhoyono, Selasa 26 Mei 2009.

Menurutnya, ada alasan khusus mengapa dia memilih rumah makan Ampera. Yudhoyono ternyata sudah jadi langganan di rumah makan itu sejah tahun 1974, saat bertugas di daerah Dayeuh Kolot di Bandung Selatan selama empat tahun.

"Saya masih perwira yunior, waktu itu saya belum memiliki kendaraan sendiri. Saya bersama istri saya kadang sering naik angkot, untuk makan di rumah makan Ampera di Kebun Kelapa," kata SBY.

Di jaman itu, rumah makan Ampera di Kebun Kelapa, dekat terminal lama Bandung, bangunannya kecil. "Tapi masakannya sangat lezat," tambah dia.

Kunjungan makin sering saat Ani Yudhoyono mengandung anak pertama, Agus Harimurti Yudhoyono. "Hampir setiap minggu saya ke Ampera. Mungkin ibu sedang ngidam kali ya," tambah dia. SBY dan Ani Yudhoyono yang saat itu sedang mengandung pun rela antre demi bisa menyantap hidangan rumah makan Ampera. Kata Yudhoyono, makanan di sana tiada duanya.

"Makanannya waktu itu ayam goreng, lalap, sambel. Sambelnya uenak," kata Yudhoyono, tersenyum. Terpesona dengan hidangan rumah makan Ampera di Kebun Kelapa, SBY dan keluarga jadi pelanggan tetap selama 10 sampai 12 tahun.

Meski tak bisa membawa seluruh rombongan ke rumah makan Ampera di Kebun Kelapa yang bangunannya kecil, Yudhoyono mengaku tak kecewa. "Makanan di sini tak jauh beda," kata dia.

Bus Terguling di KM 98 Tol Cipali Saat Lebaran, Korban Jiwa Nihil
Mahalini di tengah keluarga Sule

Potret Mahalini Lebaran Bareng Rizky Febian dan Sule, Baju Seragam Bikin Salfok

Di hari Raya Idul Fitri atau lebaran tahun 2024 ini, Mahalini ikut merayakannya bersama Rizky dan juga keluarga termasuk Sule, ayah dari Rizky Febian.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024