TKI di Malaysia Bisa Transfer Uang Via SMS

VIVAnews – Excelcomindo Pratama (XL) bekerjasama dengan Bank Negara Indonesia dan Celcom Malaysia memperkenalkan layanan transfer uang lewat jaringan selular.

Dengan layanan bertajuk ”Transfer Instan”,  Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di negeri di Malaysia yang menjadi pelanggan Celcom bisa mengirimkan dana ke Indonesia.

Maju Pilkada Kalsel 2024, Pasangan Muhidin-Hasnur Kantongi Restu Haji Isam


Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi mengatakan bahwa Malaysia adalah salah satu tujuan utama tenaga kerja Indonesia mencari penghidupan. "Setidaknya ada sekitar 2,5 juta TKI di Malaysia," ujar Hasnul.

Hasnul mengatakan bahwa "Transfer Instan" bukan semata-mata layanan XL yang mengejar potensi pasar yang ada, melainkan lebih mengedepankan misi untuk membantu para TKI di sana.

XL menggandeng Celcom, yang merupakan salah satu operator terbesar di Malaysia,  melalui Celcom Multimedia (Malaysia) Sdn Bhd (Celcom).

President dan Group CEO Axiata, Dato' Sri Jamaludin Ibrahim mengatakan bahwa, kerjasama ini merupakan bagian penting dari strategi Axiata untuk mengembangkan berbagai inisiatif yang memanfaatkan sinergi di antara anak perusahaan.

"Sebagai Grup dengan cakupan wilayah regional yang luas kami menghadirkan layanan yang sesuai, terjangkau dan tak mudah ditandingi, yang menjangkau hingga diluar bidang telekomunikasi, dan sejalan dengan tujuan Axiata untuk memajukan Asia," ujar Dato' Sri Jamaludin Ibrahim.

XL mengintegrasikan sistem Transfer Instan dengan sistim mobile–wallet dari Celcom sehingga pengguna kartu Celcom dapat mengirimkan uang langsung dari telepon genggamnya kapan saja dan dimana saja kepada pelanggan XL di Indonesia.

Lewat layanan mobile-wallet Celcom yang dikenal dengan nama AirCash, seorang TKI di Malaysia yang menggunakan kartu Celcom dan telah melakukan registrasi layanan Aircash dapat mengirimkan uang ke pelanggan XL baik Prabayar maupun Pasca Bayar langsung dari telepon genggamnya.

Pelanggan cukup memasukkan nomor XL yang dituju, nama, nomor identitas penerima dan jumlah dana yang akan ditransfer. Setelah perintah dikirim, sistem Transfer Instan secara real time akan mengirim SMS notifikasi beserta kode khusus untuk pengambilan uang, kepada penerima.

Penerima Transfer Instan dapat mengambil dana tersebut di cabang atau kantor layanan BNI yang melayani Transfer Instan, dengan hanya menunjukkan SMS notifikasi dan KTP.

Untuk sementara ini transaksi pengiriman hanya sampai nilai nominal maksimal 1000 Ringgit Malaysia (RM), dengan tarif promo sebesar 5 RM. Biaya tersebut dibebankan kepada pihak pengirim saat proses pengiriman, dan penerima dana tidak dikenakan biaya apapun.

Sebelumnya, layanan Transfer Instan juga telah tersedia layanan untuk pengiriman uang dari Hong Kong ke Indonesia. Rencananya, XL akan membuka layanan yang sama di negara-negara lain, untuk mempermudah pengiriman uang dari luar negeri melalui SMS dalam hitungan detik dengan biaya yang sangat kompetitif.

BNI juga telah memperluas jaringan cabang atau kantor layanan yang melayani Transfer Instan. Kini ada sekitar 25 cabang atau kantor layanan BNI yang melayani Transfer Instan yaitu cabang atau kantor layanan di Soreang, Cirebon, Indramayu, Cianjur (Jawa Barat).

Erik Ten Hag Bongkar Penyebab Antony Ledek Pemain Converty

Selain itu di Semarang, Purwokerto, Surakarta, Cilacap (Jawa Tengah), Surabaya, Lamongan, Madiun, Malang, Tulungagung, Blitar, Ponorogo, Kediri, Jember, Banyuwangi, Sumenep, Sampang, Pamekasan (Jawa Timur), Selong, Mataram, Sumbawa Besar (NTB) dan Dukuh Bawah (DKI Jakarta).

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menlu Singapura Vivian Balakrishna

Menko Airlangga Bertemu Menlu Singapura, Optimis Kerja Sama Bilateral Kedua Negara Terjalin Kuat

Kedua Menteri tersebut optimis bahwa hubungan ekonomi Indonesia Singapura terus terjalin kuat melalui berbagai kerja sama bilateral yang potensial.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024