Puan Maharani Respons Adanya Dewan Kolonel

Ketua DPR selaligus Ketua DPP PDIP Puan Maharani
Sumber :

VIVA Politik – Ketua DPP PDIP, Puan Maharani menanggapi inisiatif pembuatan Dewan Kolonel yang digagas sejumlah anggota Fraksi PDIP DPR RI untuk mendukung dirinya di Pilpres 2024.

Setelah Megawati, Habib Rizieq Shihab Hingga Din Syamsuddin Ajukan jadi Amicus Curiae ke MK

Puan yang juga Ketua DPR itu, tidak mempersoalkan adanya inisiatif dari para anggota loyalisnya tersebut. Namun syaratnya, harus gotong royong.

“Inisiatif ini sah-sah saja selama dibangun dengan didasari semangat gotong royong,” kata Puan usai mengunjungi Pesantren (Ponpes) Mahasina Darul Qur'an wal Hadits, di Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat, Rabu, 21 September 2022.

Petinggi Gerindra Sebut Tak Perlu Ada Rekonsiliasi Prabowo dengan Megawati

Puan menuturkan telah mendengar usulan pembuatan Dewan Kolonel. Dia berharap Dewan Kolonel dapat membantu menjalankan tugas-tugas partai, khususnya sesuai arahan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terkait persiapan menghadapi Pemilu 2024.

“Instruksi dari Bu Ketum adalah semua kader, simpatisan, struktural partai harus mempersiapkan diri untuk menyongsong tahun 2024. Turun ke lapangan, turun ke bawah untuk bertemu dengan rakyat,” kata mantan Menko PMK tersebut.

Petinggi Gerindra Sebut Amicus Curiae yang Diajukan Megawati Sudah Dipatahkan di MK

Para anggota Fraksi PDIP DPR yang tergabung dalam Dewan Kolonel disebut bakal bertugas melakukan sosialisasi mengenai sosok Puan di dapil masing-masing. Mereka menyatakan akan memperkenalkan ketokohan dan prestasi-prestasi Puan kepada masyarakat.

“Itu kan inisiatif dari mereka, namun sebenarnya kan bagaimana kita bisa bergotong-royong dalam menjalankan tugas-tugas kepartaian, tugas-tugas fraksi untuk mensosialisasikan semua program ke lapangan,” kata Puan.

Menurut cucu Bung Karno itu, setiap bentuk kegiatan yang dilakukan kader haruslah membuahkan hasil positif untuk internal PDIP. Puan kembali berpesan agar semua kader PDIP mengedepankan prinsip gotong royong.

“Semua yang kemudian mempunyai tujuan dan keinginan untuk bekerja sama secara bergotong royong tentu itu harus hal yang positif yang bisa dilakukan,” imbuhnya.

Awal Mula Dewan Kolonel

Johan Budi di Gedung DPR RI

Photo :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

Sebelumnya diberitakan, Anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan, Johan Budi SP menceritakan asal usul terbentuknya Dewan Kolonel untuk tim pemenangan Puan Maharani jika diberi mandat maju sebagai calon Presiden atau Wakil Presiden pada Pilpres 2024.

Sekitar 2 atau 3 bulan lalu, mantan Juru Bicara Presiden Joko Widodo ini mengatakan Fraksi PDI Perjuangan di DPR sedang ngopi santai. Tiba-tiba, Johan Budi mencetuskan ide untuk mendukung Puan maju di Pemilu Presiden 2024.

“Ini enggak ada kaitannya sama DPP loh ya. Tapi, kami di fraksi ada sekelompok orang ingin menjadi timnya Mbak Puan untuk persiapan pilpres itu. Saya usul, kita bentuk saja tim. Saya sebut Dewan Kolonel. Itu memang saya yang ngusulin, serius ini. Gitu ceritanya,” jelas Johan Budi di Gedung DPR.

Saat itu, kata dia, timnya hanya beranggotakan 6 orang anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan. Yakni Trimedya Panjaitan, Hendrawan Supratikno, Masinton Pasaribu, Agustina Wilujeng Pramestuti. Nah, tim ini hanya mengusulkan saja karena keputusan tentu menunggu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

“Jadi awal itu cuma 6 orang. Termasuk saya, kan saya yang ngusilin. Tentu kita masih nunggu keputusan ibu ketua umum siapa yang (dipilih). Tapi kita sudah prepare duluan kalau misalnya nanti Mbak Puan yang ditunjuk, tim ini sudah siap. Apapun putusan Bu Mega nanti, kita akan tegak lurus,” jelasnya.

Anggota Komisi III DPR ini menyebut, jenderal dalam Dewan Kolonel ini ada 2 orang yakni Ketua Fraksi Utut Adianto dan Ketua Komisi III Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul. Kemudian, Trimedya Panjaitan didapuk sebagai Dewan Kolonel.

“Kolonel pasti ada jenderal. Jenderalnya adalah Utut sama Pacul. Koordinator Bang Trimed, masing-masing komisi ada prajuritnya. Ini saya cerita sebenarnya,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya