Infografik: Kecelakaan Kerja Proyek Strategis Nasional

Tiang Pancang yang Roboh di Tol Becakayu
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Kecelakaan konstruksi yang terjadi secara berturut-turut di beberapa Proyek Strategis Nasional (PSN) menjadi sorotan pemerintah saat ini. Bahkan, Presiden Joko Widodo memutuskan untuk memberhentikan sementara PSN yang memiliki konstruksi di atas tanah atau (elevated) guna dievaluasi.  

Diduga Melamun, Tangan Pemuda di Tangerang Masuk ke Penggilingan Daging

Setelah Komite Keselamatan Konstruksi (KKK) dibentuk oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Tim Evaluasi Kecelakaan Konstruksi pun dibentuk untuk mengaudit setiap PSN yang memiliki konstruksi elevated

Hasil evaluasi itu pun akan diserahkan ke KKK untuk dijadikan pertimbangan, apakah proyek tersebut akan dilanjutkan kembali. Fokus evaluasi yang dilakukan adalah terkait Kesehatan dan Keselamatan Konstruksi (K3). 

BSD dan PIK 2 Masuk Daftar PSN, Ini Penjelasan Lengkap Pemerintah

Catatan VIVA, sejak 2017 hingga saat ini sedikitnya ada 12 kecelakaan konstruksi yang terjadi di PSN. Kecelakaan itu tidak hanya memakan korban pekerja, masyarakat dan fasilitas umum pun menjadi korban. Berikut infografiknya.

Kenali Asuransi Kecelakaan Kerja dan Cara Mengklaimnya
BSD dan PIK Masuk Daftar Proyek Strategis Nasional

INFOGRAFIK: BSD dan PIK Masuk Daftar Proyek Strategis Nasional

Pemerintah akan mengembangkan 14 proyek baru dengan skema pembiayaan dari swasta, termasuk  BSD dan PIK. Informasi lebih lengkapnya simak infografik VIVA sebagai berikut.

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024