Fadli Zon Isyaratkan Jokowi Ajukan Calon Tunggal Gubernur BI

Wakil Ketua DPR, Fadli Zon.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lilis Khalis

VIVA – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Fadli Zon, mengisyaratkan Presiden Joko Widodo mengajukan calon tunggal gubernur Bank Indonesia kepada Parlemen.

BI Fast Payment, Jawaban untuk Kebutuhan Transaksi Murah

Fadli tak mengonfirmasi dengan lugas ketika ditanya soal kabar nama Perry Warjiyo-lah yang diajukan Presiden kepada DPR. “Saya belum lihat suratnya tapi sudah mendengar demikian,” katanya kepada VIVA pada Sabtu, 24 Februari 2018.

Kabar rencana penggantian gubernur bank sentral itu mencuat menyusul masa jabatan Agus Martowardojo sebagai Gubernur Bank Indonesia berakhir pada Mei 2018. Jokowi disebut telah mempersiapkan nama-nama calon pengganti Agus.

Cadangan Devisa RI Februari 2022 Naik Tipis, Ini Pendorongnya

Mulanya beredar tiga nama, antara lain Perry Warjiyo, sekarang menjabat Deputi Gubernur BI; Bambang Brodjonegoro, kini Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional; dan Chatib Basri, mantan menteri keuangan. Belakangan ketiga nama itu mengerucut menjadi satu nama saja, yaitu Perry Warjiyo.

Komisi XI DPR sebagai mitra kerja Bank Indonesia membenarkan bahwa surat Presiden soal calon gubernur Bank Indonesia sudah dikirimkan oleh Sekretariat Negara dan sudah sampai DPR. Tapi siapa nama si calon yang diusulkan Jokowi, hanya diketahui pimpinan DPR.

BI Terbitkan Aturan Ketentuan Intensif untuk Perbankan

"Surat bersifat rahasia sehingga yang tahu hanya Ketua DPR," kata Misbakhun, anggota Komisi XI DPR, di Kompleks Parlemen di Jakarta pada Jumat, 23 Februari 2018.

Dalam waktu dekat, surat yang masuk dibacakan di Rapat Paripurna DPR. Lalu dibahas di Badan Musyawarah untuk ditugaskan ke Komisi XI guna melakukan uji kelayakan atau fit and proper test.

Ilustrasi dolar AS

Utang Luar Negeri Indonesia Turun Jadi US$413,6 Miliar

Angka utang luar negeri tersebut turun dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang sebesar US$415,3 miliar.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022