Reformasi Birokrasi Tak Jadi Program 100 Hari

VIVAnews - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berharap pemerintah daerah mulai berpikir untuk menjalankan reformasi birokrasi secara total. Pasalnya melalui reformasi birokrasi inilah, kepercayaan publik yang selama ini memudar bisa kembali normal.
 
Sebagaimana diketahui bahwa reformasi birokrasi digadang-gadang oleh Menteri Keuangan saat ini di tiga institusi, yakni Badan Pemeriksa Keuangan, Departemen Keuangan dan Mahkamah Agung. Dengan jalan reformasi, tingkat kepercayaan publik dipercaya semakin baik dan kinerja pemerintahan juga berjalan lebih dari yang semestinya.
 
"Penekanan ini (reformasi birokrasi) tidak hanya bagaimana menambah anggaran, tapi bagaimana usaha itu bisa berujung pada kepercayaan dan pelayanan publik," kata Sri Mulyani disela-sela penutupan National Summit 2009, Jumat malam, 30 Oktober 2009.
 
Namun, pada 2010 pemerintah mentarget menerapkan reformasi birokrasi ini di 12 Kementrian/Lembaga, dan diharapkan reformasi birokrasi selesai pada 2011 diseluruh Kementrian/Lembaga, pelaksanaan ini tidak mencakup pemberintah daerah.
 
Sri Mulyani mengatakan bahwa reformasi birokrasi di daerah adalah inisiatif dari pemda masing-masing. "Itu (reformasi birokrasi) lebih kepada inisiatif daerah untuk melaksanakannya," katanya. Dalam program 100 hari SBY pun nantinya belum tentu agenda reformasi birokrasi ini di masukkan.
 
"Nanti lihat kesimpulannya," kata dia.

hadi.suprapto@vivanews.com

Angin Segar untuk Startup Pemula
Chandrika Chika

Alasan Chandrika Chika dan Teman-teman Pakai Narkoba Cuma Buat Senang-senang

Selebgram Chandrika Chika dan 5 orang temannya ditetapkan sebagai tersangka kasus penyalahgunaan narkoba. Mereka diamankan setelah mengadakan pesta narkoba.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024