Logo BBC

Uni Eropa dan Indonesia Terancam Perang Dagang soal Biofuel

Kelapa sawit - Getty Images
Kelapa sawit - Getty Images
Sumber :
  • bbc

Indonesia terancam perang dagang dengan Uni Eropa jika blok itu tetap memberlakukan pembatasan impor biofuel dari Indonesia.

Tampaknya perselisihan antara produsen sawit Indonesia dan Uni Eropa tidak berhenti-berhenti. Dulu para produsen biofuel, salah satu produk olahan kelapa sawit, di Indonesia menggugat Uni Eropa ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) karena Uni Eropa menuduh mereka melakukan praktik dumping.

Kini giliran gabungan pengusaha kelapa sawit Indonesia (GAPKI) akan menggugat Uni Eropa jika tetap memberlakukan pembatasan impor biofuel dari Indonesia.

"Kami sangat setuju oleh langkah yang ditempuh oleh Bapak Menteri Perdagangan kita, Pak Enggartiasto Lukita bahwa pemerintah akan menggunakan prinsip resiprokal yaitu memberlakukan yang sama. "Anda ganggu sawitku, aku juga ganggu susumu." Kan kita impor susu banyak dari Eropa, impor ikan, keju," kata Kacuk Sumarto Wakil Ketua GAPKI.

"Itukan artinya perang dagang nanti."

Pemicu perselisihan terakhir adalah Uni Eropa berencana untuk membatasi impor biofuel sebagai energi yang terbarukan pada 2021 mendatang.

Alasannya, menurut Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Guerend, untuk membatasi biofuel yang berasal dari tanaman pangan seperti sawit, karena praktik yang selama ini terjadi membuat tanaman pangan menjadi lebih mahal dan tidak terjangkau oleh sebagian masyarakat.