Alasan Kenapa Bangku Kereta MRT Jakarta dari Plastik

Interior kereta MRT Jakarta.
Sumber :
  • Instagram @mrtjkt

VIVA – Pada Maret 2019 nanti warga Ibu Kota Jakarta akan merasakan secara perdana pengoperasian kereta Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta dari Lebak Bulus ke Bundaran Hotel Indonesia.

Wali Kota Berharap Proyek MRT 'Beneran' Sampai Tangsel: Itu Kita yang Usul

Rangkaian kereta MRT Jakarta tersebut dipesan langsung dari pabrikan Jepang yang juga memproduksi kereta kecepatan tinggi terkenal asal negara tersebut Shinkansen.

Kereta yang sebagian besar berwarna biru tua tersebut ternyata memiliki berbagai aksesori di dalamnya yang dibuat dengan tujuan agar para penumpang kereta dapat nyaman saat kereta tersebut beroperasi.

Dirut MRT Jakarta Beberkan Alasan Revitalisasi Kawasan Blok M

Salah satu komponen yang menarik perhatian adalah berbedanya bentuk kursi bagi penumpang dari kereta yang sudah beroperasi di Indonesia. Di mana kereta MRT Jakarta menggunakan kursi berasal dari bahan fiber dan plastik.  

Kereta MRT

Diskon! Naik MRT Jakarta Cuma Rp 243 pada 23-24 Maret 2024

Dikutip dari instagram @mrtjkt, pada Jumat 27 April 2018, dijelaskan bahwa penggunaan kursi berbahan fiber dan plastik lumrah dipilih dalam kereta perkotaan bermobilisasi cepat.

Sebagai contoh, negara seperti Singapura, Malaysia, Hong Kong, China dan Turki menggunakan kursi fiber dan plastik. Bahan ini juga dipilih karena perawatan yang lebih mudah dan murah, bahan lebih aman karena tahan api, kursi lebih higienis karena kotoran tidak mudah menempel dan mudah dibersihkan.

Terlebih juga, MRT Jakarta akan menempuh 16 kilometer dalam 30 menit saja. Jadi penumpang MRT juga masih nyaman jika berdiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya