Mandala Buka Tiga Rute Baru

VIVAnews - Mandala Airlines akan membuka tiga rute baru, yakni Semarang-Banjarmasin, Banjarmasin-Balikpapan, dan Semarang-Balikpapan via Banjarmasin. Penerbangan perdana akan dilakukan pada tanggal 13 November 2009.

Head of Corporate Communication Mandala Airlines, Trisia Megawati KD mengatakan, pembukaan rute baru ini dilakukan mengingat adanya permintaan yang cukup tinggi dari masyarakat untuk perjalanan bisnis, wisata, atau pun personal ke tiga kota tersebut.

"Saat ini, masyarakat Semarang atau Jawa Tengah pada umumnya yang ingin berpergian ke Banjarmasin, Balikpapan, atau Tarakan harus melakukan perjalanan ke Surabaya terlebih dulu dengan jalan darat, seperti menggunakan mobil atau kereta api," kata Trisia dalam keterangan pers yang diterima VIVAnews di Jakarta, Kamis, 5 November 2009.

Selain itu, dia menambahkan, dapat juga menggunakan transportasi udara untuk kemudian melanjutkan penerbangan dari Surabaya menuju Banjarmasin.

Sehingga, biasanya masyarakat Jawa Tengah khususnya Semarang menghabiskan waktu yang cukup lama untuk melakukan perjalanan menuju kota Banjarmasin. Dengan menggunakan jalan darat dari Semarang menuju ke Surabaya akan memakan waktu 5 hingga 6 jam, kemudian dilanjutkan dengan pesawat menuju Banjarmasin.

Dengan adanya penerbangan langsung (direct flight) dari Semarang menuju Banjarmasin maka masyarakat di wilayah pantai utara Jawa Tengah dapat menghemat waktu perjalanan hingga lebih dari 5 jam. Dari Banjarmasin, penumpang dapat melanjutkan perjalanan menuju Balikpapan dan Tarakan.

"Alternatif penerbangan ini akan sangat membantu mempercepat perkembangan bisnis antara Jawa Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur khususnya antara Semarang, Banjarmasin, Balikpapan dan sekitarnya,” ujar Trisia.

Dengan pembukaan rute baru ini maka Mandala akan melayani 56 penerbangan per minggu incoming dan outgoing flight dari Semarang menuju kota Jakarta, Banjarmasin dan Balikpapan yang akan langsung terhubung dengan Tarakan dan Pekanbaru.

Untuk kota Semarang sendiri, Mandala telah melayani rute penerbangan dengan menggunakan Airbus A320 dan Airbus A319 sejak Januari 2009.

Mandala menargetkan rute baru ini memiliki rata-rata tingkat isian penumpang mencapai minimal 80 persen sampai 85 persen hingga akhir tahun 2009.

"Dengan adanya high season di bulan Desember, maka kami berharap target ini akan tercapai dan bahkan bisa tembus di angka rata-rata 90 persen," kata Trisia.

Selain rute Semarang ke Banjarmasin, dia menambahkan, Mandala juga mendapat banyak permintaan untuk membuka rute Banjarmasin ke Balikpapan dan sebaliknya. Permintaan ini dikarenakan jarak tempuh yang sangat lama bila menggunakan jalan darat. Dengan menggunakan transportasi udara, waktu tempuh Banjarmasin ke Balikpapan hanya 45 menit.

"Kami berharap, pembukaan rute ini akan memberi kemudahan bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan bisnis. Tentunya manfaat ini dapat dirasakan pula oleh klien korporasi Mandala seperti Pama Persada dan Total E&P Indonesie yang beroperasi di Balikpapan,” ujarnya.

Trisia menambahkan bahwa pembukaan rute Banjarmasin ke Balikpapan dan sebaliknya akan meningkatkan jumlah penerbangan Mandala per minggu menjadi 56 penerbangan incoming & outgoing flight dari Banjarmasin menuju Jogyakarta, Surabaya, Balikpapan dan Semarang.

Untuk kota Balikpapan, saat ini Mandala melayani 98 penerbangan incoming & outgoing flight per minggu dari Balikpapan menuju kota-kota seperti Semarang, Banjarmasin, Jakarta, Surabaya dan Tarakan.

hadi.suprapto@vivanews.com


Drama Penalti Diulang Justin Hubner hingga Penalti Gagal Bikin Deg-degan Suporter Timnas
Anak kucing

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Merawat kucing menjadi tanggung jawab yang besar bagi setiap pemiliknya. Kesehatan dan kesejahteraan hewan peliharaan kita menjadi prioritas utama. Berikut ini tipsnya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024