Kertajati Beroperasi, Bandara Bandung Bakal Ditutup Perlahan

Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA – Beroperasinya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Kabupaten Majelangka rencananya akan diikuti dengan penutupan Bandara Husein Sastranegara Bandung untuk umum. Namun, pennutupannya akan dilakukan secara perlahan. 

Mulai 29 Oktober 2023, AirAsia Layani Rute Penerbangan Kertajati-Denpasar

Rencana tersebut ditargetkan sebagai bentuk optimalisasi layanan penerbangan untuk masyarakat Jawa Barat baik untuk domestik maupun internasional. Hal ini merupakan salah satu wacana yang dikeluarkan pemerintah Provinsi Jawa Barat. 

"Husein harus tutup supaya full di sini," tegas Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di BIJB Kertajati Majalengka, Kamis, 24 Mei 2018.

369 Jemaah Haji Akan Terbang Perdana dari Bandara Kertajati Malam Ini

Menurutnya, kebutuhan peralihan operasi pelayanan Bandara Husein ke BIJB sudah diperhitungkan. Kajian pun terus dilakukan saat ini. 

"Detail persoalannya dihitung, detail bisnis, pembiayaan dihitung," terangnya.

Asrama Haji Indramayu Siap Layani 8.968 Jemaah

Menurutnya, beroperasinya layanan komersial Bandara Kertajati untuk arus mudik dan haji serta umrah, merupakan adabtasi peralihan bagi Bandara Husein.

"Ya bagaimana mentransisikan dua bandara ini atau mentransisikan dari Husein ke sini," terangnya.

Aher menambahkan, pemberlakuan rute penerbangan yang sebelumnya tidak berlaku di Bandara Husein, akan direalisasikan di Bandara Kertajati.

"Menambah rute penerbangan di Husein sudah tidak mungkin lagi, rute lama perlahan akan dipindah ke sini, pasti di sini. Ada rute baru yang gak ada di Husein," terangnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya