Pemudik Via Udara Melonjak Dibanding Tahun Lalu

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, M. Awaludin
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

VIVA – Arus mudik tahun ini yang menggunakan transportasi pesawat mengalami lonjakan dibandingkan tahun lalu. Direktur Utama PT Angkasa Pura II, M. Awaludin mengatakan, hingga saat ini jumlah penumpang pada 15 bandara yang dikelola sudah lebih dari satu juta.

Organda Imbau Pengusaha Truk Taati Aturan Overload Muatan

"15 bandara 1.000.400 penumpang, dan itu tumbuh kurang lebih 13 persen dibanding periode angkutan lebaran yang sama pada tahun lalu (2017)," kata Awaludin, di Posko Lebaran 2018 Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin, 11 Juni 2018.

Menurut dia, pergerakan pesawat untuk arus mudik tahun ini juga cukup tinggi. Hingga H-4 ini sudah mencapai lebih dari delapan ribu penerbangan.

Mendag Klaim Berhasil Stabilkan Harga Pangan Saat Ramadan dan Lebaran

Kemudian, Awaludin melanjutkan, terjadi pula penambahan atau extra flight oleh semua maskapai. Dia menjelaskan, total penerbangan ekstra yang diajukan ke Kementerian Perhubungan mencapai 1.369. Ia menekankan, dari H-8 hingga H-5, penambahan penumpang terjadi signifikan.

"Nah, 1.369 itu datang dan pergi yang akan direalisasikan oleh maskapai sampai nanti berakhir di tanggal 24 Juni," jelas Awaludin.

KAI Klaim 'Zero Accident' Selama Mudik Lebaran 2018

Awaludin mengatakan, penambahan penerbangan tambahan itu juga harus didukung oleh bandara dengan penambahan operasi.

Maka dari itu, lanjut dia, setiap bandara akan mengalami penambahan jam, terutama yang beroperasi 24 jam.

"Dalam situasi angkutan lebaran, di mana pergerakan pesawat juga cukup dinamis. Ditambah dengan tambahan pergerakan ekstra itu sangat memungkinkan jam operasi bandara bertambah," jelasnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya