Tiket Pesawat Tak Melonjak, Inflasi Juni Diprediksi 0,25%

Ilustrasi pesawat terbang.
Sumber :
  • REUTERS/Greg Baker/Pool

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution memprediksi inflasi pada Juni berkisar di angka 0,2 sampai 0,25 persen secara bulanan atau month to month/mtm. Dia meyakini, prediksi ini tepat, asalkan tiket pesawat tidak mengalami lonjakan harga.

Memotret Lonjakan Harga di Hari Raya Idul Fitri

"Kalau harga transportasi udara tidak ada lonjakan ,maka inflasi kita bulan Juni akan berkisar 0,2-0,25 persen," kata Darmin di kawasan Senayan, Jakarta, Senin 11 Juni 2018.

Dia pun menguraikan alasan yang menguatkan prediksinya bahwa inflasi berkisar di angka 0,2-0,25 persen. Angka itu tercipta, karena harga bahan pangan saat Ramadan terjaga dengan baik.

Suku Bunga Acuan AS Agresif, Rupiah Dibayangi Pelemahan

"Karena, harga-harga oke, beras oke, daging oke. Yang mungkin, sedikit harganya naik adalah telur. Tetapi, telur kan enggak banyak amat pengaruhnya (ke inflasi)," ujarnya.

Salah satu komponen penyumbang inflasi yang harus diperhatikan secara serius, katanya, adalah tiket pesawat. Alasannya, tiket pesawat itu masih berpotensi.

Harga Emas Hari Ini 10 Februari 2022: Global Stabil, Antam Naik

"Kalau tiket angkutan darat, biasanya tidak mudah lagi dimain-mainkan didorong naik. Tapi kalau tiket pesawat itu bisa naiknya begini, mereka nambah satu ride ke mana gitu, (harga) tiketnya berubah. Ya, susah juga memang," ujarnya.

Ilustrasi Telur Ayam.

Agustus 2022 Indonesia Deflasi, Tapi Ada Komoditas Penyumbang Inflasi

BPS mencatat deflasi pada Agustus tetapi ada komoditas penyumbang inflasi, yaitu beras dan telur, Pemerintah perlu melakukan upaya agar inflasi tidak terjadi.

img_title
VIVA.co.id
3 September 2022