Rp41 Triliun Uang Orang Jakarta Menyebar ke Daerah

Kendaraan pemudik melintasi ruas tol fungsional Salatiga-Solo di KM 482
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

VIVA – Uang sebesar Rp41 triliun diperkirakan menyebar ke banyak daerah di Indonesia dari kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selama musim mudik Lebaran 2018.

Rusia-Ukraina Tak Temui Kesepakatan, Rupiah Melemah Lagi Hari Ini

Menurut Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) DKI Jakarta, Sarman Simanjorang, penyebaran uang tunai ini dikarenakan jumlah pemudik dari salah satu kawasan penggerak ekonomi utama Indonesia mencapai 7 juta orang pada tahun ini.

"Data dari Bank Indonesia menyebutkan perputaran uang selama musim liburan Lebaran tahun ini mencapai Rp188 triliun, sekitar Rp41 triliun atau 22 persen berasal dari Jabodetabek," ujar Sarman di Jakarta, Kamis, 14 Juni 2018.

Ukraina Tak Lagi Ngotot Masuk NATO, Rupiah Hari Ini Menguat

Sarman menyampaikan, jumlah itu sendiri meningkat sebesar 10 hingga 13 persen dibanding tahun lalu. Karena itu, sejumlah daerah pada sektor-sektor ekonomi kecil, mencakup transportasi, pariwisata, kerajinan/oleh-oleh, hingga konsumsi rumah tangga, akan tergenjot oleh uang yang dibawa para pemudik ini.

"Momen Lebaran memang sangat ditunggu-tunggu oleh pelaku UKM di daerah tujuan mudik karena akan mampu mendongkrak omset mereka," ujar Sarman.

Rusia Umumkan Hari Tenang, Rupiah Kembali Menguat

Lebih lanjut, Sarman menyampaikan, kebijakan pemerintah memperpanjang masa libur Lebaran hingga mencapai total 10 hari, memberi dampak positif yang tinggi terhadap laju ekonomi di daerah. Para pelaku ekonomi di daerah memiliki kesempatan yang lebih lama untuk mencicipi kue ekonomi mudik.

"Geliat ekonomi di daerah semakin bergairah dan ini menjadi kesempatan yang sangat baik, terutana bagi UKM yang berdagang di sekitar kawasan wisata," ujar Sarman.

Rupiah melemah terhadap dolar AS.

Awal Pekan, Rupiah Dibuka Melemah Rp14.309 per Dolar AS

Analis Pasar Uang, Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah hari ini masih akan tertekan terhadap dolar AS.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022