Jokowi Cerita Masa-masa Jadi Pengusaha

Presiden Jokowi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Nur Faishal.

VIVA - Presiden Joko Widodo menghadiri acara peluncuran Pajak Penghasilan atau PPh Final Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah 0,5 persen di Jatim Expo International di Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat, 22 Juni 2018.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Jokowi menyemangati para pelaku usaha dengan cerita dirinya yang secara bertahap menekuni dunia usaha dari mikro sampai kelas atas.

Jokowi menjelaskan, PPh final dari satu persen ke 0,5 persen adalah upaya pemerintah melibatkan UMKM untuk memperkuat ekonomi formal dan memperluas kesempatan bagi UMKM memperoleh akses dukungan finansial. Kebijakan itu juga memberi jeda waktu bagi pelaku UMKM mempersiapkan diri sebelum jadi wajib pajak.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

PPh final 0,5 persen, lanjut Jokowi, tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2018 tentang Pajak Penghasilan atas Penghasilan dari Usaha yang Diterima atau Diperoleh Wajib Pajak yang Memiliki Peredaran Bruto Tertentu, sebagai pengganti atas PP Nomor 46 Tahun 2013. PP itu berlaku efektif per 1 Juli 2018.

Dengan kebijakan tersebut, Jokowi berharap para pelaku UMKM terdorong untuk naik kelas. "Sebab beban pajak yang ditanggung sudah menjadi lebih kecil, sehingga pelaku UMKM memiliki kemampuan ekonomi yang lebih besar untuk mengembangkan usahanya dan melakukan investasi," katanya.

Budi Gunadi Klaim Berhasil Jadi Menkes Karena Jokowi Tidak Pernah Masuk Rumah Sakit

Nah, soal semangat naik kelas itu Jokowi lantas menceritakan perjalanan dirinya bergelut di dunia usaha. "Saya dulu juga mengawali usaha dari kelas mikro. Sehingga saya bisa rasakan keberatan para pelaku UMKM yang mendesak agar PPh final dari sebelumnya 1 persen menjadi 0,5 persen," katanya.

Jokowi bercerita bahwa dirinya dulu merintis usaha dari kelas mikro. Dari mikro, lambat laun usahanya naik ke kelas menengah. "Kemudian naik lagi ke kelas di atasnya, sampai tidak bisa naik kelas lagi karena sekarang sudah mentok," seloroh mantan Gubernur DKI Jakarta itu. (mus)

Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Bocoran Hasil Pertemuan Jokowi dengan Prabowo-Gibran di Istana

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka setelah ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024 terpilih oleh KPU RI di Ist

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024