Industri Ini Diuntungkan akibat Pelemahan Rupiah

Ilustrasi perkebunan kelapa sawit di Sumatera.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

VIVA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat pada hari ini kembali melemah. Berdasarkan data kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), rupiah hari ini berada di level Rp14.435 per dolar AS atau melemah dibanding Rabu 11 Juli 2018 di level Rp14.391 per dolar AS.

Mendag Imbau Masyarakat Tak Perlu Khawatir soal Pelemahan Rupiah

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengakui dolar ini memberikan dampak tersendiri kepada sektor perindustrian. Ada industri yang diuntungkan dan ada pula yang dilemahkan dengan kondisi ini.

"Depresiasi rupiah itu efeknya dua, untuk industri yang berbasis komoditas atau seperti CPO (Crude Palm Oil) yang berbasis domestik, yang bahan baku dalam negeri, itu diuntungkan," kata Airlangga ditemui di kantor BKPM, Jakarta, Kamis 12 Juli 2018.

Dharma Polimetal Tebar Dividen 2023 Rp 171,29 Miliar, 28 Persen dari Laba Bersih

Di sisi lain, dia mengatakan, untuk industri yang komponen impornya masih tinggi maupun dunia usaha yang memiliki utang luar negeri tentu mengalami tekanan akibat pelemahan nilai tukar rupiah ini.

"Untuk industri yang komponen impornya masih tinggi plus dengan industri yang mempunyai utang dalam bentuk dolar tentu ini tekanannya berat," ucapnya.

Asia Tenggara Bisa Jadi Pemimpin Industri Kripto Dunia, Begini Penjelasannya

Dia pun mengharapkan, bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki stok mata uang dolar agar bisa menjual terlebih dahulu ke rupiah. Namun, hal itu tergantung perusahaan.

"Dolar itu kan tergantung bagi perusahaan-perusahaan yang mempunyai kebutuhan dolar untuk impor, itu kan biasanya melihat terhadap swap rate dan yang lain. Jadi tentu kami harapkan mereka bisa menjual ke rupiah dulu baru untuk beli kembali," tuturnya.

Dirjen Binwasnaker dan K3 Kementerian Ketenagakerjaan, Haiyani Rumondang

Kemnaker Berkomitmen Terus Tingkatkan Kinerja Layanan Publik Balai Besar K3 Jakarta

Kemnaker terus meningkatkan kinerja pelayanan publik dari Balai Besar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (BBK3) Jakarta pada bidang pelayanan K3 di Industri.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024