Menhub Budi Ungkap Sensasi Perdana Jajal LRT Velodrome

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVA.co.id

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memantau progres pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jakarta fase I Kelapa Gading-Velodrome. Pembangunan pada fase itu telah mencapai 92 persen. 

Tim Gegana Sempat Diturunkan ke TKP Kebakaran Depo LRT Kelapa Gading

Mengenakan pakaian dinas kemeja putih dan celana hitam, Budi langsung menjajal LRT yang dipersiapkan untuk Asian Games tersebut. Sebelum menjajal, Budi diberikan penjelasan oleh pihak manajemen proyek, PT Jakarta Propertindo (Jakpro). 

Budi sebelumnya juga menandatangani komitmen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dan mutu proyek LRT Jakarta. Kereta tersebut diakui bisa melaju dengan kecepatan 30 hingga 80 km per jam. 

Penumpang Transportasi Lebih dari 50 Persen Dilakukan Bertahap

"Bagus bagus, kereta kedap suara dan mulus," kata Budi di Stasiun LRT Kelapa Gading Boulevard, Jakarta Utara, Minggu 15 Juli 2018. 

Kereta yang dijajal itu adalah satu trainset dengan dua gerbong yang bisa mengangkut sekitar 120 penumpang. Adapun rute yang dilintasi LRT Jakarta Fase I adalah sebanyak 5 stasiun mulai dari Stasiun Mal Kelapa Gading-Stasiun Kelapa Gading Boulevard-Stasiun Pulomas-Stasiun Pacuan Kuda-Stasiun Velodrome. 

Jokowi Diyakini Sehat Usai Lakukan Tes Corona COVID-19

Budi pun berpesan, ke depannya kereta ini harus bisa menjadi angkutan umum yang menjunjung tinggi aspek keselamatan. 

"Kami harus pastikan safety itu diutamakan, harus diperhatikan sekali. Tadi bahkan kita sudah tanda tangan, ada suatu komitmen bersama untuk mengutamakan safety," ujar Menhub. 

Untuk diketahui pada fase I ini panjang rutenya mencapai 5,8 km dari Kelapa Gading, Jakarta Utara hingga Velodrome. Selanjutnya pada fase II akan dilanjutkan pembangunan dari Velodrome menuju ke tanah abang. 

"Jadi kalau sarana dan kereta apinya kira-kira sudah siap 92 persen," ungkapnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya