Menhub Targetkan 10 Agustus 2018 LRT Velodrome Diresmikan

Proses Pemasangan Rel Proyek LRT Kelapa Gading-Velodrome
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Kemajuan pembangunan proyek Light Rail Transit (LRT) Jakarta Fase I, Kelapa Gading-Velodrome telah mencapai 92 persen. Proyek ini akan menjadi salah satu sarana transportasi yang diharapkan dapat mendukung pelaksanaan Asian Games 2018. 

Tim Gegana Sempat Diturunkan ke TKP Kebakaran Depo LRT Kelapa Gading

Jika tak ada aral melintang, proyek ini rencananya akan diresmikan pada 10 Agustus 2018 mendatang. Demikian disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau proyek tersebut. 

"Kita resmikan bisa tanggal 10 mungkin ya, 10 Agustus," ucap Budi, Minggu, 15 Juli 2018.

Penumpang Transportasi Lebih dari 50 Persen Dilakukan Bertahap

Budi mengatakan, telah menegaskan Direktur Prasarana Ditjen Perkeretaapian untuk melakukan sertifikasi secara berangsur paralel dengan proses pembangunan. 

"Jadi kita upayakan apa yang sudah dikerjakan kita sertifikasi. Nah ini direncanakan tanggal 1 sampai tanggal 10 selesai. Apa yang sudah selesai bisa kita operasikan untuk Asian Games," katanya. 

Jokowi Diyakini Sehat Usai Lakukan Tes Corona COVID-19

Di tempat yang sama Direktur Utama PT Jakarta Propertindo atau Jakpro Dwi Wahyu Daryoto selaku pelaksana proyek optimistis target itu dapat terlaksana. Ia mengatakan, kontraktor pelaksana yakni PT Wijaya Karya Tbk menyanggupi pembangunan prasarana dapat selesai pada akhir Juli ini. 

"Kontraktor, Wika sanggup sampai akhir Juli," ujar Dwi. 

Apalagi, lanjut dia, proses sertifikasi dari Kementerian Perhubungan akan dilakukan secara paralel dengan pembangunan. Meskipun saat ini, di satu sisi progres pembangunan depo masih sekitar 15 persen. 

"Itu berlanjut (Pembangunan depo), karena itu menyangkut integrasi ke 40 km (Seluruh LRT Jakarta), bukan cuma 5,8 km," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya