Serap Rights Issue Anak Usaha

Bakrie Siapkan Dana Minimal US$ 500 Juta

VIVAnews - PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) menyiapkan dana lebih dari US$ 500 juta untuk menyerap saham hasil penawaran umum terbatas (rights issue) anak usahanya. Dana tersebut akan disiapkan dari penerbitan obligasi dan pinjaman perbankan.
 
Chief Financial Officer (CEO) Bakrie & Brothers Eddy Soeparno mengatakan, pihaknya menyiapkan dana sebesar US$ 200-250 juta dari rencana penerbitan obligasi konversi (convertible bonds) atau obligasi tukar (exchangeable bonds).

"Sisanya, kami sedang menjajaki pinjaman perbankan," kata Chief Financial Officer (CFO) Bakrie & Brothers Eddy Soeparno usai paparan publik perusahaan di Hotel Four Seasons, Jakarta, Senin 14 Desember 2009.
 
Dia menjelaskan, sebesar 30-40 persen hasil pendanaan itu dialokasikan untuk pembiayaan kembali (refinancing) utang perusahaan. Sisanya untuk investasi perusahaan, termasuk mendanai kebutuhan rights issue anak usaha.
 
"Prinsipnya, kami bertujuan untuk subscribe sepenuhnya pada rights issue anak-anak usaha," tuturnya.

Pada rencana rights issue PT Bakrie Sumatera Plantatios Tbk (UNSP), Bakrie menyiapkan dana US$ 150 juta, sedangkan pada PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) sebesar US$ 450 juta.
 
Jika perseroan memutuskan untuk menerbitkan obligasi konversi, Bakrie akan menjaminkan saham perusahaan. Sedangkan jika perusahaan memilih untuk menerbitkan obligasi tukar, Bakrie & Brothers akan mengonversi saham anak usahanya.
 
Eddy menjelaskan, perusahaan sudah mengerucutkan jumlah calon penjamin pelaksana emisi (underwriter) penerbitan obligasi itu menjadi tiga, dari sebelumnya enam calon underwriter asing. Penunjukan underwriter diperkirakan pada akhir Desember tahun ini.

"Dari tiga calon, mungkin kami hanya akan memilih dua," katanya.

Meski demikian, perseroan masih mengkaji struktur dan instrumen obligasi yang akan diterbitkan itu. Penerbitan obligasi itu diharapkan terealisasi pada kuartal I-2010.
 
Selain itu, dia mengungkapkan, pihaknya akan menerima pinjaman perbankan dalam waktu dekat. Pinjaman tersebut minimal berjangka waktu tiga tahun.

arinto.wibowo@vivanews.com

Denny Cagur Lolos Jadi Anggota DPR, Gimana Kariernya di Dunia Entertainment?
Mazda EZ-6

Mazda Hadirkan 2 Mobil Keren di Auto China 2024

Changan Mazda Automobile Corporation Ltd yang merupakan perusahaan patungan antara Mazda Motor Corporation dan Chongqing Changan Automobile, meramaikan pameran Auto China

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024