Menakertrans Kaji Rangkap Kepala BNP2TKI

VIVAnews - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar akan mengkaji kemungkinan merangkap jabatan Kepala Badan Perlindungan dan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).

"Belum terpikirkan untuk merangkap jabatan, seperti Kepala Bappenas/Menneg PPN atau BNN (Badan Narkotika Nasional). Nanti akan dikaji lebih lanjut," kata Muhaimin di sela-sela Rapat Konsolidasi Program 100 Hari Depnakertrans di Jakarta, Senin, 14 Desember 2009.

Wacana tersebut mencuat, karena adanya dualisme pemberian pelayanan TKI antara Depnakertrans dengan BNP2TKI. Dua lembaga pemerintah tersebut kerap berseteru, terkait kewenangan memberikan perlindungan dan penempatan TKI.

Menanggapi dualisme ini, Muhaimin mengaku telah melakukan koordinasi intensif dengan Kepala BNP2TKI Jumhur Hidayat, terkait pembagian kewenangan.

"Akhir bulan ini, akan diperjelas implementasi tugas antara Depnakertrans dengan BNP2TKI (melalui penyempurnaan Permenakertrans No. 15/2009)," kata Muhaimin.

Sementara itu, Jumhur menyambut baik upaya penegasan tugas dan kewenangan dua insitusi pemerintah tersebut.

"Menakertrans harus pastikan mana yang regulator dan mana yang operasional kebijakan, karena undang-undang menggarisbawahi bahwa badan ini (BNP2TKI) yang melaksanakan kebijakan penempatan TKI yang cukup rumit," kata Jumhur di tempat yang sama.

Dengan penyempurnaan Permenakertrans tersebut, menurut Jumhur, dualisme pelayanan TKI akan berakhir. Kebijakan perlindungan dan penempatan TKI pun, ke depannya, akan diarahkan menuju pelayanan satu pintu.

antique.putra@vivanews.com

Nikita Mirzani Beberkan Pemicu Kandasnya Jalinan Asmara Hingga Soal Kesetiaan
Dokumentasi BNPB

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

Banjir Lahar Dingin yang dipicu oleh intensitas hujan yang tinggi di wilayah Gunung Semeru membuat meluapnya debit air Daerah Aliran Sungai (DAS).

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024