Humpuss Sea Alihkan Aset ke Humpuss Kimia

VIVAnews - Anak usaha PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS), Humpuss Sea Transport Pte Ltd menjual 11.110 sahamnya dengan nilai sekitar US$ 36,28 juta pada tiga perusahaan kepada PT Humpuss Transportasi Kimia.

Penjualan itu dilakukan masing-masing sebanyak 510 saham atau ekuivalen 51 persen saham Humpuss Sea di Cometco Shipping Inc senilai US$ 27,37 juta. Selanjutnya sebanyak 10.000 saham atau ekuivalen 100 persen saham di Silverstone Development Inc senilai US$ 8,9 juta.

Sementara itu, penjualan saham juga dilakukan atas saham Humpuss Sea di Humolco Trans, Inc sebanyak 600 saham atau ekuivalen 60 persen senilai US$ 600.

Selain itu, Humpuss Sea menjual kapal bernama Dasa Samudra dari Lucky Vision Mgt Corp, anak perusahaan Humpuss Sea kepada Humpuss Transportasi senilai US$ 3,92 juta. Humpuss Sea juga menjual kapal Griya Asmat dari salah satu anak usaha, New Century Maritime Inc kepada Humpuss Transportasi senilai US$ 11,85 juta.

Dalam keterbukaan informasi perseroan sehubungan transaksi material yang dipublikasikan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Rabu 16 Desember 2009 disebutkan, pengalihan aset berupa saham dan kapal itu dilakukan seiring dengan penerapan asas cabotage bagi perusahaan pelayaran di Indonesia.

Dalam Undang Undang No. 17 Tahun 2008 tentang pelayaran mensyaratkan bahwa seluruh kegiatan angkutan laut di dalam negeri dilakukan perusahaan angkutan laut nasional dengan menggunakan kapal berbendera Indonesia.

Saat ini, Humpuss Sea adalah pengendali sembilan anak perusahaan, yakni Humolco, Cometco, Silverstone, Heritage Maritime Ltd, Genuine Maritime Ltd, First Topaz Inc, Anadain Co Inc, Lucky Vision Mgt Corp, dan New Century Maritime Inc.

arinto.wibowo@vivanews.com

Menko Polhukam Sebut 1.900 Mahasiswa Terindikasi Korban Perdagangan Orang di Jerman
Ilustrasi investasi, ilustrasi reksadana

Panduan Lengkap Investasi Reksadana untuk Pemula, Dari A sampai Z

Bagi pemula yang ingin memulai investasi, reksadana adalah pilihan yang tepat. Reksadana menawarkan cara mudah dan menguntungkan untuk menumbuhkan uang Anda.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024