Ritel Modern Protes Biaya Sewa Mal Naik

VIVAnews - Pengusaha ritel mengeluhkan semakin mahalnya biaya sewa dan kenaikan biaya pelayanan operasional di pusat belanja (mal).

"Sekarang, meskipun tarif dasar listrik belum naik, tapi kami sudah dibebani kenaikan service charge di pusat perbelanjaan," kata Dewan Penasehat Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) Eddy Hartono di sela-sela Seminar 'Meningkatkan Potensi Ritel Domestik Dalam Menghadapi FTA Asean-Cina', di Jakarta, Jumat, 12 Februari 2010.

Menurut Eddy, kenaikan biaya pelayanan pengelolaan pusat belanja rata-rata naik 10-15 persen per tahun, meski relatif berbeda-beda antara pusat belanja di tengah kota atau di pinggiran kota.

"Saya harap pusat perbelanjaan yang sudah eksis tidak mengambil kesempatan untuk menaikkan biaya tersebut. Karena itu menjadi beban buat kami terutama ritel pemula," ujarnya.

Ketua Pelaksana Harian Aprindo, Tutum Rahanta mengatakan kenaikan biaya pelayanan pusat belanja memang terjadi setiap tahun. "Namun, dia meminta pengelola pusat belanja bisa menahan diri untuk tidak menaikan biaya tersebut," kata dia

Sementara itu, Ketua Umum Aprindo Benjamin J Mailool mengatakan negosiasi harga sewa dan pelayanan adalah bussiness to bussiness.

Selama ini, kata Benjamin, memang ada kenaikan biaya pelayanan pengelolaan pusat belanja. "Unsur biaya pelayanan tidak hanya listrik, bisa juga biaya perawatannya yang meningkat," kata dia.

Namun, diakui Benjamin, selama ini, belum ada biaya pelayanan yang besarannya tidak rasional. "Jika biayanya tidak rasional, maka pemerintah perlu memfasilitasi dengan dialog," kata dia.

Chief Executive Officer (CEO) Senayan City, Handaka Santosa mengatakan adanya fenomena kenaikan biaya pelayanan pengelolaan pusat belanja tidak bisa disamaratakan. "Senayan City tidak menaikkan biaya pelayanan pengelolaan pusat belanja," kata dia.

Handaka lalu menambahkan, biaya pelayanan pengelolaan dan biaya sewa pusat belanja ditentukan dengan melihat target pasar pusat belanja.

Sementara itu, Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu berharap permasalahan tersebut dapat segera diselesaikan. "Bisa dibicarakan dalam forum komunikasi pasar," kata dia.

antique.putra@vivanews.com

Terpopuler: Bagian Tubuh Ini Bisa Prediksi Ukuran Penis, hingga Faktor Risiko Kanker Serviks
Shin Tae-yong, Pelatih Timnas Indonesia

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach

Momen Shin Tae-yong (STY) dilempar telur kembali viral dan ramai diungkit warganet jelang pertandingan Timnas Indonesia vs Korea Selatan di perempat final Piala Asia U-23

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024