Bank Eksekutif: Kami Tidak Bangkrut

VIVAnews - Manajemen PT Bank Eksekutif Internasional Tbk yang perdagangan sahamnya sempat dihentikan sementara membantah nyaris bangkrut. Bank sampai saat ini masih beroperasional secara normal.

"Tidak benar bank akan bangkrut," demikian keterangan pers direksi bank yang dikutip VIVAnews dari website bank, Jumat 19 Februari 2010.

Rasio kecukupan modal bank (CAR) saat ini tercatat 11,7 persen atau masih di atas angka yang ditentukan Bank Indonesia, 8 persen.

Namun direksi mengakui pihaknya saat ini sedang melakukan penjajakan dengan salah satu investor. "Dan dengan berbagai pertimbangan nama investor tersebut segera akan kami umumkan setelah ditandatanganinya SPA (Sales & Puchase Agreement)."

Bank menjelaskan, sempat masuk status pengawasan intensif karena disebabkan oleh rasio non performing loan bank yang melebihi 5 persen. Namun telah ada action plan untuk penyelesaian NPL selambat-lambatnya pada bulan Maret 2010 menjadi di bawah 5 persen.

BI sebelumnya menyebutkan bank tidak memiliki dana lagi untuk memperkuat modalnya, sehingga pemegang saham lama diminta mencari investor baru, atau menyerah saja.

Kondisi bank memburuk sejak akhir 2009 lalu, sehingga bank sentral meminta pemegang saham menambah modalnya hingga 8 persen. Permintaan itu dipenuhi manajemen sehingga posisi CAR tercatat 11,7 persen. Namun NPL bank dianggap masih mengkhawatirkan.

Mayoritas saham bank kini dipegang keluarga Widjaja dengan perincian:  Lunardi Widjaja sebanyak 53,15 persen, Lusiana Widjaja sebanyak 10,29 persen, Irawati Widjaja sebanyak 4,99 persen,  Sinthyawati Widjaja sebanyak 4,99 persen,  Setiawan Widjaja sebanyak 4,82 persen, dan publik sebanyak 21,76 persen.

Niat Mulia Maarten Paes untuk Timnas Indonesia
Plt Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Chatarina Muliana.

Peserta UTBK Diimbau Waspada Penipuan Janji Kelulusan

Para peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dihimbau untuk tidak terjebak dalam bujukan untuk membeli kelulusan dengan membayar sejumlah uang.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024