Tujuh Wakil Indonesia di Pentas Terkaya Dunia


VIVAnews - Jumlah orang kaya asal Indonesia yang tampil di pentas dunia bertambah. Jika tahun lalu berjumlah hanya lima orang, sekarang bertambah menjadi tujuh orang.

Dua nama baru yang masuk dalam jajaran 1000 orang kaya dunia versi majalah Forbes 2010 adalah Chairul Tanjung, bos TransTV dan Low Tuck Kwong, bos Grup Bayan Resources.

Lima orang pengusaha Indonesia yang bertahan di daftar orang kaya adalah Michael Hartono, R Budi Hartono, Sukanto Tanoto, Martua Sitorus dan Peter Sondakh.

Michael Hartono (70) dan R Budi Hartono (69) sama-sama bertengger di posisi 258 orang kaya dunia. Posisi ini naik dari tahun sebelumnya, masing-masing di level 430.

Kakak beradik pemilik perusahaan rokok, PT Djarum, ini masing-masing memiliki kekayaan sebanyak US$ 3,4 miliar. Keduanya juga tercatat sebagai pengendali Bank Central Asia, serta memiliki pusat belanja mewah, apartemen, perkantoran dan hotel di Grand Indonesia.

Martu Sitorus naik peringkat dari 522 tahun lalu menjadi 316 dengan jumlah kekayaan naik dari US$ 1,4 miliar menjadi US$ 3 miliar. Pria berusia 50 tahun ini mengurusi bisnis di bidang agrikultur, khususnya kelapa sawit dan kini tinggal di Singapura. Perkebunan pertama dibelinya pada 1994.

Sukanto Tanoto (57), pemilik perusahaan Raja Garuda Mas International yang berdomisili di Singapura. Ia tercatat di peringkat 536, turun dari tahun sebelumnya di 450 dengan harta kekayaan saat ini sebanyak US$ 1,9 miliar. Usahanya banyak bergerak di bidang agrikultur. Sukanto juga memilih menetap di Singapura.

Peter Sondakh, bos Grup Rajawali naik peringkat dari posisi 701 menjadi 437 dengan harta kekayaan sebanyak US$ 2,2 miliar. Pria 58 tahun ini menggeluti usaha di sektor retail dan hotel, perkebunan dan pertambangan.

Profil Sandra Dewi, Artis Cantik yang Suaminya Terjerat Kasus Korupsi
Daftar Taipan RI di Pentas Dunia
NoNamaGrupHarta (US$)
258Michael HartonoDjarum3,5 miliar
258Budi HartonoDjarum3,5 miliar
316Martua SitorusWilmar3,0 miliar
437Peter SondakhRajawali2,2 miliar
536Sukanto TanotoRaja Garuda1,9 miliar
828Low Tuck KwongBayan Resources1,2 miliar
937Chairul TanjungPara1,0 miliar
 
Wawancara Lawasnya Jadi Sorotan, Sandra Dewi Ogah Disebut Hidup Bak di Negeri Dongeng

heri.susanto@vivanews.com

Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada

Kubu 03 Ganjar-Mahfud menyampaikan argumen Pilpres 2024 sudah disiapkan skenario dua putaran. Maka itu, tak ada masalah dengan pemilu ulang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024