Soal Gayus, Menkeu Akui Alarmnya Tak Bunyi

VIVAnews - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku kebobolan dengan kasus Gayus Tambunan di Kantor Ditjen Pajak. Untuk itu ia memanggil seluruh pejabat eselon satu di bawah kepemimpinannya untuk dimintai penjelasan perihal kasus tersebut.

"Kami mengevaluasi diri untuk melihat kenapa alarm kami tidak bunyi," kata Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers, di Jakarta, Selasa 29 Maret 2010.

Hasil evaluasi itu, katanya dimintakan paling lambat pekan depan. Dalam rapat yang dilangsungkan selama tiga jam di Kantor Kementerian siang ini, Sri Mulyani telah berpesan langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan oleh para Dirjennya.

"Saya sudah mintakan evaluasi unit kepatuhan internal dan kinerja inspektorat jenderal. Tadi saya minta, apa yang salah, apa yang belum dilaksanakan, apa yang belum lengkap, apa yang kurang, kenapa kami tidak bisa deteksi dini," ujar dia mengulas kembali isis rapat.

Sri Mulyani menekankan bahwa unit kepatuhan itu sekaligus sebagai unit yang berada di bawah inspektorat jenderal adalah tangan kanan Menteri Keuangan. Untuk itu diminta jangan sampai informasi seperti itu harus menunggu pihak lain yang mengungkapnya.

"Minggu depan akan dilaporkan evalausi dininya," katanya.

Sri Mulyani mengatakan bahwa reformasi birokrasi menginginkan kinerja yang baik dari seluruh aparatnya. Kementerian Keuangan akan terus menjalankan langkah-langkah agar pendeteksian diri di jajarannya bisa terekam secara baik.

hadi.suprapto@vivanews.com

Singapura Siap Sambut Kembali Wisatawan! STB dan GDP Venture Perbarui Kemitraan
Lokasi pembunuhunan wanita di Kota Medan.(B.S.Putra/VIVA)

Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya

Seorang wanita bernama Maylani Boru Sitompul (45), ditemukan terkapar tak bernyawa di rumah kontrakan kekasihnya, Jalan Karya, Gang Sepakat, Kelurahan Karang Berombak, Ke

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024