Pertamina - PTPN Bikin Pabrik Biodiesel

Biodiesel
Sumber :
  • citizenact.com

VIVAnews- PT Pertamina (Persero) dan tiga PT Perkebunan Nusantara (PTPN) yaitu PTPN III, IV, dan V bakal membentuk perusahaan patungan yang akan membawahi tiga unit pabrik biodiesel.

Direktur Utama PTPN IV Dahlan Harahap mengatakan, sebagai tahap pertama kerjasama tersebut akan dibangun pabrik biodiesel unit pertama pada semester kedua tahun ini. “Kapasitasnya  300.000 ton, dan selesai 2012 mendatang,” kata dia seusai Penandatanganan Nota Kesepahaman (Mou) Antara  PTPN III, IV dan V dengan Pertamina di Kementerian BUMN, Jakarta 8 April  2010.

Dia menjelaskan, Pertamina baru masuk sebagai pembangun pabrik  pada pembangunan pabrik unit dua dan ketiga, terkait investasi untuk pembangunan satu pabrik ini memakan Rp 500 miliar. Untuk bagian PTPN pendanaan 30 persen dari internal sedangkan 70 persen dari pinjaman.

Untuk pabrik kedua dan ketiga baru rampung 2015. Kapasitas ketiga pabrik tersebut sekitar 1 juta ton. “Rencananya pabrik-pabrik ini akan dibangun di Dumai karena infrastruktur Pertamina lengkap dimulai dari kilang, tangki timbun, hingga pelabuhan,” tuturnya.

Kerja sama tidak hanya sebatas ini, Pertamina - PTPN juga sedang mengkaji kaji kerjasama lain di bidang pengembangan greendiesel, jual beli CPO dan turunannya.

hadi.suprapto@vivanews.com

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024