Dua Unit Usaha Merpati Dipisahkan

Merpati
Sumber :
  • ANTARA/ Yusran Uccang

VIVAnews - PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) tengah mengkaji pemisahan unit bisnis (spin off) atas dua unit usaha, yaitu Merpati Maintenance Facility (MMF) dan Merpati Training Center (MTC) menjadi unit usaha sendiri yang menjadi milik PT Merpati Nusantara Airlines.

"Proses spin off kedua unit tersebut sedang dalam persetujuan pemegang saham," kata Deputi Logistik dan Pariwisata Kementerian BUMN Harry Susatyo dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di gedung DPR RI, Jakarta, Selasa 20 April 2010.

Menurut Harry, kajian spin off bisnis Merpati tersebut dilakukan sebagai salah satu langkah sekaligus pengamanan terhadap pembayaran kembali utang Merpati kepada PPA.

Sebagai catatan, PPA pernah menyalurkan bantuan dana dalam bentuk pinjaman sebesar Rp 300 miliar untuk merestrukturisasi Merpati.

Dana tersebut dialokasikan untuk merasionalisasi pekerja sebesar Rp 223 miliar, memindahkan kantor pusat ke Makassar Rp 10 miliar, revitalisasi armada propeller Rp 12 miliar, perbaikan cash flow guna menambah modal kerja Rp 50 miliar, dan alokasi dana untuk contingency plan Rp 5 miliar.

Selain suntikan modal melalui pinjaman dari PPA, Merpati juga memperoleh suntikan modal dari pemerintah dalam bentuk penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp 450 miliar pada 2007.

Data Kementerian BUMN menunjukkan kinerja Merpati pada 2009 diprognosakan meraup laba usaha sebesar Rp 10,9 miliar atau hanya mencapai tujuh persen dari anggarannya yang disebabkan tidak tercapainya target armada online, penjualan seat, serta load factor.

Pada Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) 2010, Merpati menargetkan laba usaha sebesar Rp 209,5 miliar atau melonjak 1.926 persen dari prognosa 2009.

Target tersebut diharapkan tercapai dengan adanya penambahan armada online sebesar 107 persen.

"Hal tersebut cukup memberikan gambaran bahwa kinerja Merpati telah mengalami perbaikan dan peningkatan yang cukup signifikan," kata Harry. (hs)

arinto.wibowo@vivanews.com

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani
VIVA Militer: Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina

Dalam penemuan itu, mereka mengklaim bahwa negara Ukraina telah membayar “sejumlah besar dana” kepada para pelaku.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024