2014, Mandiri Incar Kapitalisasi Naik Rp100 T

Nasabah transaksi di Bank Mandiri.
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - PT Bank Mandiri Tbk membidik kapitalisasi pasar di Bursa Efek Indonesia (BEI) senilai Rp 225 triliun pada 2014. Akhir perdagangan hari ini, saham Bank Mandiri ditutup pada Rp 5.350, dengan kapitalisasi pasar Rp 111,07 triliun.

Dengan demikian, hingga 2014, Mandiri menargetkan kenaikan kapitalisasi pasar lebih dari Rp 100 triliun, atau bahkan lebih dari dua kali lipatnya.

"Kapitalisasi pasar tidak kami targetkan berapa tahun ini, karena itu harus dibuat untuk jangka panjang," kata Chief Financial Officer Pahala Mansuri usai Diskusi Membedah Kinerja BUMN di Pasar Modal di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Rabu, 21 April 2010.

Menurut Pahala, Bank Mandiri memasang target kapitalisasi pasar jangka panjang. Namun demikian, Bank Mandiri tidak membuat target spesifik per tahun perihal pertumbuhan tersebut.

"Kalau kami perhatikan kapitalisasi pasar per hari, akhirnya kami jadi orientasi jangka pendek," kata Pahala seraya menambahkan hal itu juga akan menyebabkan manajemen tidak menginvestasikan dana untuk pengembangan bisnis baru.

Untuk mencapai pertumbuhan kapitalisasi pasar yang besar, Mandiri mengaku menyiapkan transformasi perusahaan lima tahun ke depan. Strategi itu diantaranya mempertahankan momentum pertumbuhan, serta mengalokasikan dana perbaikan infrastruktur, seperti pembukaan kantor cabang baru, penambahan jumlah gerai anjungan tunai mandiri sebanyak 2.500 unit, hingga mesin EDC sebanyak 25 ribu unit.

"Kami sudah melalui transformasi selama lima tahun terakhir berupa perbaikan neraca," katanya.

Catatan Bank Mandiri, return on equity Mandiri terus mengalami pertumbuhan dari 2,5 persen pada tahun 2005 menjadi 22 persen pada 2009. Tahun ini, Mandiri menargetkan ROE bakal tumbuh menjadi 22-25 persen. "Kami ingin tumbuh lebih baik dari pertumbuhan pasar," kata Pahala. (wm)

Ombudsman Usul Seleksi CASN Ditunda, KASN Klaim Sistem Rekrutmen Sudah Transparan
VIVA Militer : Pasukan TNI sisir kelompok bersenjata OPM di Papua (ilustrasi)

Tim Gabungan TNI dan Polri Lakukan Penyisiran OPM di Intan Jaya Papua

Satuan tugas (Satgas) Operasi Damai Cartenz 2024 melakukan penyisiran terhadap Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Distrik Homeyo Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024