Lebih dari 1,2 Juta Sarjana Jadi Penganggur

Ijazah gelar sarjana pendidikan
Sumber :
  • wtsinternational.org

VIVAnews - Pengangguran sarjana atau lulusan universitas ternyata tertinggi di Tanah Air dibandingkan dengan lulusan lain.

Pelatih Korea Selatan Puji Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia U-23 Setinggi Langit

Badan Pusat Statistik merilis, per Februari 2010, angka pengangguran terbuka mencapai 8,59 juta orang. Sebanyak 1,22 juta orang atau 14,24 persen di antaranya adalah sarjana.

Kepala BPS Rusman Heriawan mengatakan, jumlah pengangguran sarjana meningkat dibandingkan dengan posisi tahun-tahun sebelumnya. Data BPS memperlihatkan, pada Februari dan Agustus 2009, pengangguran sarjana masing-masing hanya 12,94 persen dan 13,08 persen.

Kenapa sarjana banyak menganggur? Rusman mengatakan, itu karena sarjana banyak yang pilih-pilih pekerjaan. "Latar belakang orangtua mereka biasanya kaya, sehingga malu kalau bekerja sebagai buruh panggul," kata Rusman di Kantor BPS, Jakarta, Senin 10 Mei 2010.
 
Karena itulah, banyak sarjana yang menganggur. Sedangkan lulusan lain seperti SD hingga SMA, tetap bekerja, meski pada pekerjaan apapun. SD hingga SMA mau bekerja apa pun karena tidak ada pilihannya.
 
"Mereka ini harus kerja kalau tidak makan apa, itulah sebabnya, tingkat pengangguran kecil," kata dia.
 
Dalam rilis BPS per Februari ini mencatat jumlah pengaguran terbuka berdasarkan riwayat pendidikan tertinggi ditempati oleh pendidikan diploma I/II/III yang mencapai 15,71 persen dari 8,59 juta pengagguran. Sementara untuk pengangguran lain dengan angka pengangguran total 8,59 juta pengagguran masing-masing adalah lulusan universitas 14,24 persen, SMK 13,81 persen, SMA 11,9 persen, SMP 7,55 persen, dan SD ke bawah 3,71 persen.

unilever hq

Unilever Indonesia Cetak Laba Bersih Rp 1,4 Triliun Kuartal I-2024

PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) mengumumkan hasil kinerja kuartal I-2024, yang menunjukkan peningkatan positif.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024