Masyarakat Konsumen: Kembalikan Minyak Tanah

Elpiji
Sumber :
  • VivaNews/ Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Banyaknya kebakaran akibat ledakan tabung elpiji ukuran tiga kilogram membuat keprihatinan berbagai kalangan. Kali ini keprihatinan datang dari Masyarakat Konsumen Indonesia (MKI).

Koordinator Divisi Hukum dan Advokasi MKI Adi Partogi Singal Simbolon mengatakan, kecelakaan tabung gas telah menelan korban dan banyak kerugian. Itu semua karena elpiji yang dibagikan dalam program konversi minyak tanah ke elpiji itu tidak sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI). Bahkan tidak hanya tabung, tetapi juga peralatan yang lain, seperti regulator, selang, dan kompor. "Jangan sampai korban bertambah lagi," kata  dia kepada VIVAnews, Selasa 18 Mei 2010.

Dia mengatakan, program konversi elpiji telah dilakukan secara terburu-buru. Tidak diperhitungkan dengan matang. Sehingga banyak terjadi ketidaksesuaian dari rencana konversi. "Seperti tabung yang diimpor dari China, ternyata setelah datang tidak sesuai dengan standar," katanya.

Tidak hanya itu, dia mengatakan, kekacauan distribusi juga telah menyebabkan kelangkaan elpiji di beberapa daerah. Kondisi ini akan semakin parah setelah terjadi kenaikan elpiji ukuran 12 kilogram yang tengah diusulkan Pertamina. Jika selisih harga antara elpiji nonsubsidi (12 Kg) dengan elpiji subsidi (3 Kg) sangat tinggi, konsumen nonsubsidi akan beralih. "Ini akan menambah kelangkaan," ujar Adi.

PT Pertamina, selaku perusahaan yang ditunjuk mengemban program konversi juga dinilai tidak melakukan sosialisasi penggunaan elpiji secara baik. Terbukti masih banyak mayarakat yang tidak bisa menggunakan bahan bakar elpiji dengan benar, sehingga sering menimbulkan kecelakaan.

MKI juga menilai, penerapan program konversi juga tidak dengan kajian yang mendalam. Sebab banyak masyarakat yang tidak bisa membeli elpiji isi ulang. Sementara minyak tanah sudah ditarik dari peredaran. Tidak ada pilihan, mereka kembali menggunakan kayu bakar. "Bagi sebagian mayarakat, harga elpiji itu mahal sekali," katanya.

Karena itu, MKI meminta pemerintah mengembalikan kembali minyak tanah ke masyarakat. "Kalau perlu, batalkan program konversi elpiji," katanya. (mt)

hadi.suprapto@vivanews.com

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak
Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024