Holcim Tunda Bangun Pabrik Semen Rp 4,1 T

Pabrik Semen Holcim
Sumber :
  • holcim.es

VIVAnews - PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB) akan membangun pabrik semen pada kuartal keempat tahun 2010.

"Memang agak mundur dari rencana. Kami memproyeksikan mendapat persetujuan kontrak pada awal kuartal, sedikit terlambat memang," kata Presiden Direktur Holcim Indonesia Eamon Gimley di Jakarta, Kamis 17Juni 2010.

Meski begitu, penyelesaian pabrik tetap pada rencana semula, kuartal pertama tahun 2013 dengan kapasitas 1,6 juta ton.

Eamon menambahkan, pihaknya memproyeksikan dana yang dibutuhkan sebesar US$450 juta sekitar Rp 4,1 triliun untuk pembangunan pabrik tersebut. "Dana ini memang maksimal tapi kami berusaha menguranginya," kata dia.

Saat ini, Holcim masih menghitung biaya yang akan dikeluarkan. "Kita akan menekan beberapa material," ujar Eamon. Dana tersebut, termasuk dalam belanja modal tahun ini. "Pabrik adalah yang terbesar," kata dia.

Pabrik ini akan melengkapi kapasitas produksi semen Holcim hingga menjadi 10,2 juta ton per tahun. Dua pabrik Holcim saat ini memiliki kapasitas produksi 8,6 juta ton per tahun.

Sampai Mei 2010, volume penjualan Holchim mencapai 13-14 persen dibandingkan tahun lalu. Adapun pertumbuhan pendapatan mencapai 14-15 persen.

SKK Migas: Komersialisasi Migas Harus Prioritaskan Kebutuhan Dalam Negeri

Sementara itu, industri hingga akhir tahun ini menargetkan pertumbuhan penjualan hingga 18 persen. "Kita berharap bisa sedikit di atas angka industri," kata Eamon tanpa mau menyebutkan target persisnya.

Ilustrasi tagian listrik PLN membengkak.

Tarif Listrik April-Juni 2024 Diputuskan Tidak Naik

Kebijakan tidak menaikan tarif listrik pada April-Juni 2024 merupakan upaya pemerintah dalam menjaga daya beli masyarakat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024