19 Perusahaan Daftar Tender Pengadaan Kereta

Dua pekerja memoles bagian luar gerbong kereta Gaya Baru di Manggarai, Jakarta.
Sumber :
  • Antara/Widodo S

VIVAnews - PT KAI (Persero) mengungkapkan 19 perusahaan terdaftar sebagai peserta lelang pengadaan gerbong kereta api sebanyak 1.200 gerbong batu bara dan 1.200 unit ppcw (gerbong kontainer).

"Kalau tidak salah, penutupan pendaftaran itu tanggal 30 Juni," kata Direktur Utama KAI Ignasius Jonan di Kantor Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa 29 Juni 2010.

Menurut Jonan, selama ini, KAI memenuhi kebutuhan gerbong dan lokomotifnya dari PT Industri Kereta Api/INKA (Persero). Namun mulai kini, KAI memutuskan menggelar tender terbuka untuk menyaring perusahaan yang bisa memasok kebutuhan KAI sesuai syarat.

Sementara itu, Kepala Logistik KAI Albert Tara menambahkan perusahaan yang mendaftar sebagai peserta tender pengadaan gerbong tersebut berasal dari dalam dan luar negeri. Untuk peserta asing, KAI mencatat perusahaan-perusahaan dari China dan Korea Selatan.

"China ada tapi saya belum tahu China-nya siapa ya. Ada juga yang dari Korea," katanya.

Albert menuturkan, tender kali ini baru memasuki tahap prakualifikasi. Pada tahap perusahaan akan menilai pendaftar tender yang dianggap lolos untuk menjadi peserta tender KAI.

Proyek pengadaan gerbong baru KAI kali ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan gerbong selama tiga tahun mendatang sampai tahun 2013. Sebanyak 1.200 gerbong ppcw akan digunakan untuk mengangkut kontainer di Jawa.(np)

Tren Investasi sektor Industri Terus Naik, Sinergi Kebijakan Instansi Pemerintah Jadi Sorotan
Ilustrasi ketupat

Mengenal Serba Serbi Tradisi Lebaran Ketupat Hari Ini 17 April 2024: Sejarah Hingga Maknanya

Lebaran Ketupat, sebuah tradisi yang umumnya dirayakan oleh sebagian umat Islam di Indonesia, merupakan perayaan yang menyusul Hari Raya Idul Fitri. Ini sejarah dan fakta

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024