PLN: Indonesia Bagian Timur Bebas Byar Pett

Petugas PLN tengah memperbaiki jaringan listrik di Gardu Induk Gandul, Jakarta.
Sumber :
  • PLN Jawa-Bali

VIVAnews – PT Perusahaan Listrik Negara mengklaim Indonesia bagian timur telah bebas dari pemadaman bergilir alias bebas byar pet sejak 31 Juli 2010. Saat ini kapasitas terpasang di sana mencapai 1.700 Megawatt.

Direktur Operasi Indonesia Timur PLN Vickner Sinaga menjelaskan, dari 133 sistem kelistrikan yang berada di Indonesia bagian timur, 83 di antaranya mengalami kerusakan. Perbaikan saat ini sudah berjalan, namun sebanyak 48 sistem kelistrikan masih dalam tahap pengawasan PLN.

”Yang 48 sistem itu cadangan dayanya di bawah 40 persen," kata Vicker di Jakarta, Senin, 16 Agustus 2010.

Menurut Vicker, ke depan PLN akan menaikkan kapasitas terpasang 410 Megawatt hingga akhir tahun ini. Penambahan tersebut antara lain melalui sewa mesin pembangkit dan perbaikan mesin pembangkit.

Vicker menargetkan hingga akhir Oktober 2010, PLN Indonesia bagian timur telah mendapat tambahan pembangkit, seperti di Pembangkit Amurang, Sulawesi Utara sebesar 25 Megawatt, Kendari sebesar 10 Megawatt, Ende 7 Megawatt, dan 2,5 Megawatt pembangkit swasta (IPP).

Sedangkan pada 2011, Vicker menargetkan pembangkit listrik di Poso yang berkapasitas 200 Megawatt sudah dapat dioperasikan pada akhir triwulan III. ”Doakan saja tahun depan Pembangkit Poso sudah dapat berjalan,” katanya. (hs)

TKN Imbau Pendukung Prabowo-Gibran Tak Gelar Aksi Saat Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Laporan: Iwan Kurniawan

dana asing

Israel-Iran Memanas, BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 21,46 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat, modal asing keluar atau capital outflow di pasar keuangan domestik mencapai Rp 21,46 triliun di pekan ketiga April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024