Kota Maja Diusulkan Jadi Proyek Infrastruktur

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia : Pembangunan Rusun
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Kementerian Perumahan Rakyat mengusulkan proyek pembangunan kota baru di daerah Maja, Tangerang, masuk dalam skema public private partnership (PPP) atau kerja sama pemerintah swasta (KPS).

"Ini sudah lama banget, kami mendorong PPP yang menjamin," kata Menteri Negara Perumahan Rakyat, Suharso Monoarfa, di sela penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) tiga kementerian/lembaga di kantor Bappenas, Jalan Diponegoro, Jakarta, Rabu 18 Agustus 20100.

Monoarfa mengungkapkan proyek pembangunan kota kekerabatan Maja tersebut akan menggunakan areal seluas 11 ribu hektare (ha). Pembangunan diperkirakan menelan investasi hingga US$3 miliar dengan jangka waktu 5-10 tahun.

Pembangunan kota baru tersebut direncanakan mampu menampung 200 ribu penduduk. Bahkan, perkembangan daerah tersebut diperkirakan bisa menambah jumlah penduduk hingga satu juta jiwa.

Monoarfa mengatakan, pihaknya akan mengundang sejumlah investor untuk mengembangkan kota baru itu. Pemerintah juga akan mengusahakan pembangunan kereta api rel ganda (double track) serta fasilitas jalan umum.

"Semua developer kami undang. Sudah kerja sama dengan Singapore Enterprise Corporation untuk investasi," kata dia.

Bumi Resources Minerals Bukukan Pendapatan US$46,63 Juta pada 2023
Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto di acara Musrenbang Jambi 2025

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Singgung Lahan 3 Ribu Hektare di Musrembang

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto menyingung terkait dengan lahan di Sungai Penuh yang bisa dimanfaatkan menjadi lumbung ketahanan pangan. 

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024