Tiga Daerah Ini Paling Boros Listrik

Petugas PLN tengah memperbaiki jaringan listrik di Gardu Induk Gandul, Jakarta.
Sumber :
  • PLN Jawa-Bali

VIVAnews - Perusahaan Listrik Negara (PLN) Operasional Jawa Bali menargetkan penjualan listrik hingga akhir tahun meningkat hingga 9 persen. Kenaikan konsumsi listrik menyusul membaiknya industri yang sempat terpuruk pada 2008 lalu.

Direktur Operasional PLN Jawa Bali Ngurah Adnyana menjelaskan, hingga semester I-2010 penjualan listrik Jawa Bali meningkat hingga 10,5 persen. Dengan begitu, maka PLN berani menargetkan kenaikan hingga 9 persen pada akhir 2010.

"Tahun lalu kenaikan rendah karena masih terimbas krisi global 2008," kata Adnyana kepada wartawan di Jakarta, Senin, 23 Agustus 2010.

Ngurah menjelaskan, untuk beban puncak pada semester pertama ini sudah menembus 17.896 Megawatt. Angka tertinggi ini dicapai pada Mei 2010 lalu. Beban puncak ini naik 700 Megawatt jika dibandingkan tahun lalu yang hanya 17.200 Megawatt.

Menurut Adnyana, Jawa Barat-Banten, DKI Jakarta, dan Bali merupakan tiga daerah dengan tingkat konsumsi listrik yang paling tinggi. Di ketiga daerah tersebut, konsumsi listrik yang paling besar terdapat pada sektor industri.

"Industrinya sudah normal jadi konsumsinya tinggi, terutama Jawa Barat," katanya. (hs)

Di Festival Kuliner Ini, Bisa Icip 20 Jenis Soto Berbeda

Laporan: Iwan Kurniawan

Suasana di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP). (foto ilustrasi)

Percakapan Terakhir Mahasiswa STIP dan Senior Sebelum Dianiaya

Polisi mengungkap motif penganiayaan terhadap Putu Satria Ananta Rustika (19), mahasiswa di Sekolah Ilmu Tinggi Pelayaran (STIP) Jakarta, hingga tewas dianiaya seniornya.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024