BUMN Curiga Peralatan di Bandara Sudah Usang

Pesawat di Bandara Soekarno Hatta
Sumber :
  • VIVAnews/Maryadi

VIVAnews - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencurigai sejumlah peralatan di Bandar Udara (Bandara) Soekarno-Hatta sudah banyak yang aus karena termakan usia. Ke depan, kementerian berharap pengelolaan Bandara bisa dilakukan degan menggandeng perusahaan lain, bahkan investor asing.

"Kemungkinan alat-alatnya juga sudah cukup aus," kata Menteri Negara BUMN Mustafa Abubakar di kantornya, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin 30 Agustus 2010.

Seperti diketahui, sistem radar di Bandara Soekarno Hatta sempat mengalami kerusakan selama 40 menit kemarin. Sebelumnya, Angkasa Pura II juga mengalami masalah pada sistem kelistrikannya.

Menurut Mustafa, dirinya sudah memanggil direksi Angkasa Pura II dan rencananya besok akan melakukan rapat dengan Kementerian Koordinator Perekonomian.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

"Kami juga mengundang AP I dan AP II supaya kita semua waspada, supaya tidak ada fungsi-fungsi terganggu," katanya seraya mengatakan bahwa pemberian sanksi kepada manajemen akan menjadi pertimbangan dalam bahan evaluasi nanti.

"Ada faktor human error, peralatan, dan sistem. Selain itu, kami juga mencoba upaya penertiban bandara," kata dia.

Cari Investor
Pada bagian lain, Kementerian BUMN tengah mengkaji kemungkinan masuknya investor baru yang khusus menangani bisnis bandara di Indonesia.

"Kami mencari cara pembangunan bandara dengan mencari investasi dan terbuka sekali untuk investor asing," kata dia.

Mustafa menuturkan, pelibatan perusahaan asing dan lokal dalam mengelola bandara tersebut nantinya dilakukan melalui sebuah anak usaha yang dibentuk Angkasa Pura.

Saat ini, pemerintah mengaku baru memiliki strategi pengembangan Bandara Ngurah Rai Bali. Sedangkan untuk Bandara Soekarno Hatta sama sekali belum memiliki strategi untuk pengelolaan dan peningkatan Bandara. (hs)

Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024