Alfamart Siap Buka Gerai Franchise di Vietnam

Supermarket Alfamart beroperasi 24 jam
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, pemilik merek dagang AlfamartĀ  menargetkan perjanjian waralaba di Vietnam akan selesai pada September 2010. "Kami masih mapping daerahnya dulu," kata Direktur Corporate Afair Solihin di Jakarta.

Perolehan Suaranya 58,6 Persen, Prabowo Subianto: Itu Hasil Demokrasi dan Perjuangan

Rencananya, Alfamart akan membuka sepuluh gerai di Vietnam. "Konsentrasi kami masih di Ho Chi Minh City," ujar dia. Namun, rencana tersebut baru dapat terealisasi pada kuartal empat tahun ini. "Kemungkinan tidak langsung 10 gerai."

Bentuk kerja sama yang dilakukan berupa kemitraan. Alfa sendiri akan memiliki porsi minoritas. "Mungkin 49 persen, karena Vietnam punya aturan, asing tidak boleh mayoritas," ujar dia.

Namun, Solihin, belum dapat memastikan besaran dana yang disiapkan perseroan. "Untuk membuka gerai di vietnam lebih mahal dua sampai tiga kali lipat dari Indonesia," kata dia. Di Indonesia sendiri setiap gerai Alfamart membutuhkan dana sebesar Rp500 juta.

Dia menambahkan, sepanjang tahun ini Alfamart telah membuka tiga cabang di Bali, Klaten dan Makasar. Sementara itu, untuk gerai, perseroan menargetkan 5.000 gerai sampai akhir tahun ini. "Sampai Agustus, kami sudah membuka 4.400 gerai, hampir setiap harinya kita membuka gerai di Indonesia," kata Solihin.

Adapun target laba bersih sampai akhir tahun ini diproyeksi sekitar Rp204,6 miliar. Sedangkan pendapat sampai akhir tahun diperkirakan mencapai Rp11,2 triliun, dengan asumsi pendapatan kuartal I-2010 dikali empat. "Kita optimis revenue tumbuh 10 persen dari 2009 yang sebesar Rp10,55 triliun," ujar dia.

SPBU Shell

Shell Indonesia Bakal Tutup Seluruh SPBU di Medan, Manajemen Ungkap Alasannya

PT Shell Indonesia dikabarkan bakal menghentikan operasional seluruh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Medan, Sumatera Utara.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024