Pasca-Wasior, Tiga Kawasan Ekonomi Dibangun

Satu rumah berdiri tegak di antara puing-puing banjir di Wasior, Papua Barat
Sumber :
  • Antara/ Jhuda

VIVAnews - Pemerintah akan mengembangkan perekonomian Papua dan Papua Barat melalui pembangunan cluster atau kawasan ekonomi. Dua kawasan dibangun di Papua dan satu kawasan di Papua Barat.

"Di wilayah Papua, kita libatkan dunia usaha yang ramah lingkungan dan didukung pembangkit listrik," kata Staf Khusus Presiden Bidang Otonomi Daerah, Velix Wanggai, kepada VIVAnews, Jumat 15 Oktober 2010. Dua cluster ekonomi perkebunan di wilayah Timika, wilayah Merauke dan wilayah utara Papua.

"Di Papua Barat, kita dorong satu cluster ekonomi untuk dorong pengembangan semen, pertanian dan peternakan sapi," kata Velix yang berdarah Papua itu menjelaskan hasil jumpa pers Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Bandara Rendani, Manokwari.

Presiden, kata Velix, memimpin khusus proses pengembangan ekonomi kedua provinsi paling timur ini. "Bulan depan, Presiden akan gelar rapat khusus tentang percepatan pembangunan Papua dan kedua gubernur akan mempresentasikan masterplan yang diusulkan oleh kedua pemerintah provinsi ini," kata Velix.

Sebagai tindak lanjut, Presiden memerintahkan koreksi dan evaluasi atas Inpres 5 Tahun 2007 tentang Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat. Presiden menyatakan, perlu ditingkatkan untuk efektivitasnya.

Sementara soal rekonstruksi dan rehabilitasi Wasior, Presiden menegaskan, pada masa tanggap darurat, Pemda sebagai ujung tombak. Dalam waktu dekat, Pemerintah akan membangun hunian sementara. Operasi Bhakti akan dilakukan TNI dan Polri serta masyarakat sehingga masyarakat setempat memiliki pendapatan.

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode
Pemain Timnas Indonesia U-23

Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick

Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick menilai kemenangan atas Timnas Korea Selatan U-23 adalah buah kinerja tim.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024