Yogya Memburuk, BI Siapkan Langkah Darurat

Logo Bank Indonesia.
Sumber :
  • VivaNews/ Nur Farida

VIVAnews - Bank Indonesia menyiapkan langkah darurat jika kondisi letusan gunung Merapi terus memburuk. Bank Indonesia akan memindahkan kegiatan operasionalnya ke Semarang jika KBI Yogyakarta terkena dampak letusan Merapi.

Menurut Kepala Biro Humas BI Difi Johansyah, jarak Merapi dengan KBI Yogyakarta sekitar 30 kilometer. "Jika kondisi memburuk business contingency plan BI akan jalan dimana operasional KBI Yogyakarta akan dilakukan BI Semarang, termasuk evakuasi pegawai," ujarnya kepada VIVAnews di Jakarta Jumat 5 November 2010.

Dia menjelaskan saat ini kliring berjalan normal, namun beberapa kantor kas di daerah bencana sudah tutup. Rencana di atas dilakukan jika kondisi membahayakan "Pemindahan operasional dilakukan jika sudah berbahaya, sekarang belum," ujarnya.

Sementara Direktur Peredaran Uang Bank Indonesia, Mokhammad Dahlan mengatakan peredaran uang di Yogyakarta masih relatif normal kendati ada kepanikan akibat letusan gunung Merapi. "Pihaknya belum menerima permintaan tambahan kebutuhan uang di Yogyakarta," semuanya masih relatif normal," katanya.

Menurut dia, kalaupun ada kepanikan hanya akan terjadi sesaat. "Menyimpan uang di perbankan lebih aman dibanding harus disimpan di rumah."

Biar Aman, Kendaraan yang Ditinggal Mudik Bisa Dititipkan di Kantor Polisi
Timnas Indonesia U-23

Shin Tae-yong Coret Nathan Tjoe-A-On, Ini 23 Pemain Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong sudah menentukan 23 pemain untuk Piala Asia U-23 2024 Qatar yang akan digelar 15 April-3 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024