Erupsi Merapi Ganggu Operasional Bank

Merapi Meletus Lagi
Sumber :
  • AP Photo / Trisnadi

VIVAnews - Letusan Gunung Merapi Jumat dini hari lalu, 5 November  membuat operasional  bank di Yogyakarta terganggu. Sebab, sebanyak 27 kantor bank umum dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) meminta izin kepada Bank Indonesia (BI) untuk tidak buka.

"Mereka meminta izin untuk tidak buka pada hari Jumat saja. Sedangkan hari ini mereka sudah buka kembali," kata Kepala Biro Humas BI Difi Johansyah kepada VIVAnews di Jakarta, Senin 8 November 2010.

Di Yogyakarta sendiri terdapat 52 kantor bank umum dan 64 BPR. Namun, untuk beberapa BPR yang ada di pelosok daerah Merapi belum bisa buka hari ini.

Sebelumnya, BI telah menyiapkan langkah darurat jika kondisi letusan gunung Merapi terus memburuk. BI akan memindahkan kegiatan operasionalnya ke Semarang jika KBI Yogyakarta terkena dampak letusan Merapi.

"Jika kondisi memburuk business contingency plan BI akan jalan di mana operasional Kantor BI Yogyakarta akan dilakukan BI Semarang, termasuk evakuasi pegawai," ujarnya.

Namun kondisi saat ini belum membahayakan, sehingga Kantor BI Yogyakarta masih bisa beroperasi. Kliring juga berjalan normal. (umi)

Niat Mulia Maarten Paes untuk Timnas Indonesia
Plt Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Chatarina Muliana.

Peserta UTBK Diimbau Waspada Penipuan Janji Kelulusan

Para peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dihimbau untuk tidak terjebak dalam bujukan untuk membeli kelulusan dengan membayar sejumlah uang.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024