Pembatasan Premium Picu Kepanikan Masyarakat

SPBU Pertamina
Sumber :
  • VivaNews/Tri Saputro

VIVAnews- Pembatasan pembelian premium bersubsidi yang rencananya baru akan diberlakukan tahun depan memicu kepanikan masyarakat di beberapa wilayah. Masyarakat berbondong-bondong membeli bensin menggunakan jerigen.

Wakil Presiden Komunikasi Pertamina M. Harun menjelaskan,  masyarakat di beberapa wilayah, di Jawa dan Sumatera takut pembatasan BBM bersubsidi itu dilakukan di seluruh Indonesia. "Akibatnya, terjadi panic buying. Mereka melakukan pembelian memakai jerigen," ujar Harun di DPR, Kamis 9 Desember 2010.

Kepanikan tersebut, lanjut dia, bahkan sampai membuat masyarakat membakar Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Pembakaran yang  terjadi di Sarolangun, Jambi, Sumatera, tersebut karena masyarakat marah dilarang membeli premium menggunakan jerigen."Dilarang beli menggunakan jerigen, masyakarat malah membakar SPBU,"  kata Harun.

Harun, sebagai salah satu wakil dari Pertamina, rencananya akan mendampingi Menteri ESDM Darwin Saleh untuk menyampaikan opsi larangan premium kepada Komisi Energi DPR pagi ini. Menurut dia, dalam kebijakan ini Pertamina membutuhkan payung hukum yang jelas. "Mekanismenya ada di pemerintah," ujarnya.

Seperti diketahui pemerintah akan mengajukan larangan penggunaan premium bagi mobil pribadi atau pelat hitam mulai 1 Januari 2011. Namun larangan ini baru akan berlaku bagi daerah Jabodetabek. Sedangkan opsi lain yang disiapkan adalah larangan premium bagi mobil 2005 ke atas.

Guru dan IRT Jadi Korban Pinjol Ilegal Terbanyak, OJK: Cek Legalitas dan Logis Sebelum Pinjam
Sistem Tata Surya.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

 NASA telah mengumumkan keberadaan lebih dari 5.000 planet di luar Tata Surya kita, secara tepatnya 5.005 planet, yang sekarang tercatat dalam arsip eksoplanet mereka.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024