BUMN Kuasai 12 Sektor Ekonomi Nasional

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
Sumber :

VIVAnews - Keberadaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Tanah Air benar-benar seperti gurita. Buktinya, perusahaan pelat merah mampu menguasai 12 sektor perekonomian nasional.

"Keberadaan dan pangsa pasar BUMN yang besar di sektor strategis membuat BUMN menjadi bagian yang sangat penting bagi perekonomian nasional," kata Menteri BUMN Mustafa Abubakar dalam keterangan pers Refleksi Akhir Tahun 2010 di kantornya, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat, 31 Desember 2010.

Data Kementerian BUMN menunjukkan lima sektor perekonomian nasional dikuasai oleh BUMN dengan penguasaan hampir 99 persen. Kelima sektor itu adalah listrik, perbenihan, bandar udara dan kepelabuhan, pupuk, dan industri pertahanan.

Sementara itu, pada sektor jalan tol dan perbankan, BUMN tercatat menguasai kedua pasar tersebut dengan porsi mencapai 70 dan 30 persen.

Pada lima sektor perekonomian lainnya, BUMN tercatat berbagi pasar dengan perusahaan-perusahaan swasta lainnya dengan porsi kurang lebih 50 persen. Kelima sektor itu adalah telekomunikasi, bahan bakar energi, semen, angkutan laut, dan penerbangan.

Kuasai Pasar Modal
Di samping menguasai sektor perekonomian nasional, keberadaan BUMN sepanjang 2010 juga ditandai dengan penguasaan di industri pasar modal. Catatan BUMN menunjukkan dari 17 perusahaan yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI), sebagian besar mengalami pertumbuhan positif.

Data perdagangan saham hingga 29 Desember 2010 menunjukkan, pertumbuhan terbesar dialami oleh BUMN konstruksi, PT Adhi Karya Tbk yang mencapai 122 persen dibandingkan harga saham pada 30 Desember 2009.

Saham BUMN lain yang mengalami pertumbuhan lebih dari 100 persen adalah PT Wijaya Karya Tbk (112,3 persen) dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (103,1 persen).

Peningkatan harga saham itu juga telah membuat kapitalisasi pasar BUMN publik  menjadi lebih besar. Hingga perdagangan saham 29 Desember 2010, kapitalisasi pasar perusahaan-perusahaan pemerintah mencapai Rp819 triliun.

Penguasaan kapitalisasi pasar BUMN tersebut mencerminkan 26 persen dari total kapitalisasi pasar Bursa Efek Indonesia yang mencapai Rp3.100 triliun.

BUMN dengan kapitalisasi pasar saham terbesar adalah PT Telekomunikasi Indonesia Tbk yang mencapai Rp161,27 triliun, diikuti PT Bank Mandiri Tbk sebesar Rp137,19 triliun, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Rp129,49 triliun), dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (Rp106,66 triliun).  (hs)

Kolaborasi Prabowo dan Raja Yordania, TNI Berhasil Kirim Bantuan RI ke Gaza via Udara
Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum, PT PLN

39 Unit SPKLU PLN di Sepanjang Tol Trans Sumatra Siaga Layani Pemudik, Ini Titik Lokasinya

PT PLN (Persero) menyiagakan 1.299 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di seluruh tanah air untuk periode mudik lebaran tahun 2024

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024