Tax Holiday Investasi Selama 4-8 Tahun

Tax amnesty.
Sumber :

VIVAnews - Penerapan insentif pembebasan pajak atau tax holiday pada investasi dilakukan selama 4-8 tahun.

Viral! Perempuan 9 Tahun Mampu Angkat Besi 75 Kg

"Kami akan memberikan kepada investor yang berskala besar. Jika tidak diberikan, mereka tidak mau menanamkan modalnya di Indonesia," kata Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Gita Wirjawan di Jakarta, Minggu, 23 Januari 2011.

Tax holiday adalah fasilitas pembebasan pajak penghasilan (PPh) untuk periode tertentu, khususnya bagi investor. Saat ini, Kementerian Keuangan tengah memfinalisasi aturan ini.

Gita mengakui, meski pembahasan belum final, tapi pihaknya optimistis insentif tersebut akan dilaksanakan tahun ini. "Kami masih membicarakan bentuknya dengan Kementerian Perindustrian dan Kementerian Keuangan. Tapi, saya maunya tahun ini," ujar dia.

Mengenai keinginan investor yang meminta tax holiday selama 10 tahun, dia menuturkan, BKPM akan mempertimbangan dampak berkelanjutan dan skala yang nantinya diciptakan. "Kami tidak akan mengobral insentif," tutur Gita.

Gita menambahkan, dengan adanya tax holiday diharapkan akan memicu investor untuk membangun industri dan membuka lapangan pekerjaan baru.

Adapun perusahaan yang direkomendasikan mendapat tax holiday tersebut, adalah Posco, Korea Selatan yang membangun pabrik baja bersama PT Krakatau Steel Tbk dengan nilai investasi sebesar Rp6 triliun. Selanjutnya, terdapat Kuwait Petroleum Corporation dengan nilai investasi sebesar US$6-8 miliar.

Selain tax holiday, Kementerian Keuangan juga akan memberikan paket insentif bagi masuknya arus modal asing (foreign direct investment). Di antaranya, menyiapkan aturan undang-undang pembebasan lahan serta menawarkan pembangunan infrastruktur melalui kerja sama pemerintah dan swasta (public private partnership).

Sementara itu, BKPM tahun ini menargetkan realisasi investasi sebesar Rp240 triliun atau naik 15 persen dari capaian 2010. Gita menargetkan pertumbuhan investasi dalam negeri naik 40 persen atau sebesar Rp96 triliun.

Gita optimistis, pihaknya dapat melebihi target dengan dua syarat. Pertama, laju inflasi dapat dijaga pada 6-7 persen dan kedua, proyek kemitraan swasta pemerintah dapat direalisasikan. (art)

Tunggal putra Jepang, Kento Momota

Pebulutangkis Jepang Kento Momota Putuskan Pensiun

 Juara dunia dua kali Kento Momota hari ini mengumumkan pensiun dari bulutangkis dalam usia 29 tahun, dengan alasan tidak lagi sama seperti dulu gara-gara kecelakaan.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024