Ekonom, Tony Prasentiantono;

Total Gaji Presiden Lebih dari Gubernur BI

Darmin Nasution, Gubernur BI
Sumber :
  • Antara/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Meski gaji Gubernur Bank Indonesia (BI) lebih tinggi dibanding Presiden, namun berbagai fasilitas yang dimiliki seorang Presiden jauh lebih besar.

Tony Prasentiantono, pengamat ekonomi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) menegaskan bahwa secara total jika dijumlahkan denganĀ  tunjangan yang diterima, pendapatan Presiden bisa lebih besar dari Gubernur Bank Indonesia.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

"Meski gajinya lebih kecil, kalau dilihat secara total termasuk fasilitas pasti menang Presiden. Jadi, tidak relevan Presiden berbicara gaji," kata Tony kepada VIVAnews.com di Jakarta, Senin, 24 Januari 2011.

Dia mengatakan, gaji Presiden bila ditambah fasilitas dan lain-lain sudah mencukupi. Untuk itu, dia mengusulkan, bila gaji Presiden akan dinaikkan, komposisinya harus diubah. "Kalau mau, fasilitasnya diturunkan, itu bisa saja," tuturnya.

Tony berpendapat, yang dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di depan rapat pimpinan (rapim) TNI dan Polri beberapa waktu lalu hanya sekadar joke (lelucon). Namun, waktunya dan forum yang dipilih tidak tepat, sehingga sangat sensitif.

Ketua Perbanas Sigit Pramono mengatakan bahwa gaji pejabat harus sesuai pada kinerja dan tanggung jawabnya. "Masalah gaji seorang Presiden hanya persoalan politik semata," katanya.

Sebelumnya, dalam forum yang dihadiri petinggi TNI dan Polri, SBY mengatakan bahwa tahun ini adalah tahun ketujuh gajinya tidak mengalami kenaikan. "Ini tahun keenam, ketujuh gaji presiden belum naik," kata SBY yang diiringi tawa segenap peserta rapim.

Istana membantah keras bahwa tujuan statement Presiden SBY dalam forum itu adalah meminta kenaikan gaji. Presiden SBY, kata Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, tidak pernah meminta kenaikan gaji. Tapi bahwa sudah 7 tahun gaji presiden tidak pernah naik, itu fakta. (Baca selengkapnya penjelasan Istana di sini)

Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus

Menteri Kordinator Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono, kepada VIVANews juga membantah keras bahwa presiden meminta kenaikan gaji. Apa yang dikatakan presiden dalam forum itu, lanjutnya, semata-mata untuk memotivasi TNI dan Polri. (Baca selengkapnya penjelasan Agung Laksono di sini)

Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024