Hatta: Tak Mampu Garap Proyek Tol, Minggir!

Pembangunan jalan tol Semarang - Solo di Banyumanik, Semarang
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVAnews - Pemerintah meminta perusahaan swasta yang sudah memperoleh kontrak pembangunan jalan tol maupun rel kereta api untuk 'minggir' jika tidak kunjung melaksanakan proyek tersebut.

"Swasta yang dapat komitmen bertahun-tahun dan tidak jalan, 'minggir' (saja). (Karena) kami mau bangun," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, di sela Retreat Bidang Perekonomian, di Istana Bogor, Jumat, 11 Februari 2011.

Menurut Hatta, proyek-proyek infrastruktur seperti jalan tol dan rel kereta api harus segera diselesaikan. Apalagi, jika proyek tersebut dilaksanakan di Jakarta yang selama ini telah menyebabkan 'stres' masyarakat.

Pemerintah berjanji akan segera mengurai sejumlah hambatan yang selama ini terjadi pada proyek-proyek infrastruktur berupa jalan tol dan rel kereta api. "Tidak boleh lagi, begitu masuk jalan tol ada hambatannya. Apa hambatannya kami pecahkan," kata Hatta.

Dia menambahkan, pemerintah berharap agar proyek pembangunan ke depan bisa dilakukan oleh perusahaan nasional terlebih dahulu. Pemerintah menilai perusahaan negara dan swasta nasional saat ini memiliki kemampuan jika diberikan kesempatan untuk membangun.

"Sebelum foreign direct investment masuk, kami ingin BUMN dan swasta juga masuk. Jika mampu dikerjakan nasional, kenapa diberikan kepada yang lain," kata Hatta. Meski demikian, menurut dia, keinginan tersebut bukan menunjukkan pemerintah bersikap diskriminatif. (sj)

KAI Minta Maaf Atas Insiden KRL Anjlok Lintas Kampung Bandan-Rajawali
General Manager PLN Unit Induk Distribusi Banten Abdul Mukhlis mengecek kesiapan SPKLU di rest area tol Jakarta - Merak KM 68 untuk menghadapi arus balik mudik libur Idul Fitri 1445 Hijriah.

Persiapan Layani Arus Balik, GM PLN Banten Pastikan Operasional SPKLU Jalur Mudik Tol Jakarta-Merak

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan siaga menjaga SPKLU, termasuk saat arus balik libur Idul Fitri yang diyakini mulai dipadat

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024