Ini Alasan Harga Emas Sentuh Rekor Baru

Ilustrasi/Emas Batangan
Sumber :
  • VIVAnew/Ist

VIVAnews - Harga emas naik ke rekor tertinggi dalam dua hari berturut-turut, Selasa dan Rabu, hingga melampaui US$1.440 per ounce. Melonjaknya harga emas tak lain dipicu oleh kerusuhan politik di Libya yang menyebabkan harga minyak dunia melonjak tajam.

Kerusuhan di Timur Tengah dan Afrika Utara, yang menumbangkan pemimpin Tunisia dan Mesir akhirnya menyebar ke Libya, Bahrain, Yaman, Oman, dan Iran.  Analis VM Group, Carl Firman mengatakan, kekacauan politik telah memicu investor mengamankan investasinya. "Ini semakin mengukuhkan status emas sebagai lindung nilai inflasi," kata Firman.

Pada Rabu lalu, harga emas ditutup pada rekor tertinggi selama 31 tahun terakhir, sebesar US$1.437,70 per ounce di divisi Comex New York Mercantile Exchange. Bahkan, pada tengah perdagangan, harga emas sempat menyentuh US$1.441 per ounce.

Dua kapal perang AS melewati Terusan Suez, Rabu, menuju perairan Libya menekan penguasa negara itu, Muammar Khadafi, untuk mundur.

Khadafi melancarkan serangan darat dan udara untuk merebut kembali wilayah dari pemberontak di wilayah timur Libya.

Pada pertemuan para menteri luar negeri Arab di Kairo, Menteri Luar Negeri Irak Hoshiyar Zebari mengatakan bahwa krisis Libya adalah urusan internal Arab, dan kekuatan asing harus menahan diri dari intervensi apa pun.

Namun, pada perdagangan Kamis waktu AS atau Jumat pagi waktu Indonesia, harga emas mengalami koreksi cukup tajam. Emas untuk pengiriman April terkoreksi US$21,30 menjadi US$1.416,40 per ounce di divisi Comex New York Mercantile Exchange.

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya

Pada Kamis, harga emas diperdagangkan tertinggi US$1.436,90 dan terendah US$1.412,20. Sementara itu, harga emas spot turun US$19, menurut indeks emas Kitco. (The Street dan Gulf Times l art)

Song Hye Kyo dan Gong Yoo

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Penggemar drama Korea bersiaplah untuk menyambut kehadiran dua bintang top dalam sebuah kisah sejarah yang menggugah. Gong Yoo dan Song Hye Kyo, dua nama besar di Korea.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024