Tsunami Jepang Bakal Pengaruhi Harga Batubara

Kapal Angkut Batubara
Sumber :
  • Patria Maritime Lines

VIVAnews - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memperkirakan bencana gempa bumi yang diikuti Tsunami di Jepang kemungkinan besar akan mempengaruhi harga batubara di Asia.

Perkiraan itu bisa saja terjadi jika tidak ada kepastian kontrak kontrak jual-beli batubara yang sedang berlangsung antara tiga perusahaan pembangkit listrik utama jepang dan perusahaan tambang Xstrata. 

"Otomatis (jadi tidaknya kontrak itu) akan mempengaruhi harga batubara di Asia," dalam keterangan yang diperoleh VIVAnews dari situs Kementerian ESDM, Senin, 14 Maret 2011.

Kementerian ESDM mengungkapkan pembeli dari Jepang yang merupakan pembeli utama thermal coal Australia adalah Tokyo Electric Power Co (TEPCO), Tohoku Electric Power Co Inc and Chubu Electric. Nama-nama tersebut merupakan perusahaan pembangkit listrik terkemuka Jepang yang kini sedang sedang bernegosiasi dengan perusahaan tambang Xstrata, eksportir thermal coal terbesar dunia.

Namun, seiring terjadinya bencana Tsunami, Kementerian ESDM memperkirakan  sangat mungkin proses kontrak jual-beli yang sedang berlangsung terpengaruh dengan kondisi Jepang saat ini. Ketidakjelasan kontrak jual beli itu otomatis akan mempengaruhi harga batubara di Asia.

Kepastian kontrak jual beli tersebut juga secara tidak langsung akan berpengaruh pada penjualan batu bara dari Indonesia. Pasalnya, Jepang selama ini menjadi salah satu importir besar batubara asal Indonesia.

Data Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDm menunjukan, Jepang mengimpor batubara Indonesia sebesar 24 juta ton atau hampir 10 persen dari total produksi batubara Indonesia tahun 2010 sebesar 275 juta ton. Realisasi impor batubara Jepang sendiri pada tahun 2010 berjumlah 116,5 juta ton dimana sekitar 20 persen kebutuhan impor batubara Jepang dipasok dari Indonesia.

Pada bulan Maret ini, ESDM menetapkan Harga Baru Bara  (HBA) sebesar US$122,43 per ton, atau turun US$4,62 per ton dari US$127,05 per ton pada Februari 2011. Penurunan harga ini merupakan kali pertama semenjak harga batubara terus naik mulai dari bulan Oktober 2010. HBA ini merupakan patokan untuk batubara dengan kualitas kalori sekitar 6322 kkal/kg (gross as received).

HBA Maret 2011 diumumkan pada hari kamis (10/03/2011), satu hari sebelum bencana gempa bumi yang diikuti tsunami menimpa Jepang. Sampai saat ini belum dapat diprediksi apakah bencana gempa dan tsunami ini akan mempengaruhi harga batubara Asia.

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini
PKS sambangi PKB malam ini

Usai Nasdem, Presiden PKS Ahmad Syaikhu Sambangi Cak Imin di Markas PKB

Elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tiba di kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada Kamis 25 April 2024 malam

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024