Tsunami Jepang, Greater Jakarta Tetap Jalan

Hatta Rajasa
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Meski bencana tsunami melanda  Jepang, pemerintah memastikan komitmen Jepang untuk tetap melanjutkan program kerjasama Metropolitan Priority Area (MPA) akan tetap berjalan sesuai rencana.

Untuk diketahui, program MPA merupakan kerjasama Indonesia dan Jepang yang dibuat dalam lima proyek pembangunan. Proyek yang bakal dibangun di antaranya pembangunan pelabuhan baru, akses jalan, peningkatan kawasan industri di Jakarta Timur, dan penambahan pasokan energi (listrik dan gas). Sedangkan paket kedua berupa sistem transportasi massal yang lebih efisien.

"Saya tadi berkomunikasi dengan duta besar Jepang untuk program kick off meeting program MPA, itu tetap berjalan. Saya bersyukur. Hanya yang datang wakil menterinya, 2 orang dari METI (Minsitery of Economy, Trade, and Industry). Artinya seluruh program-program yang sudah menjadi komitmen dengan Jepang akan tetap berjalan," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa di kantornya, Jalan Wahidin, Jakarta, Senin 14 Maret 2011.

Menurut Hatta, pembahasan awal program MPA yang akan menggarap proyek Greater Jakarta direncanakan berlangsung pada Kamis, 17 Maret 2011 mendatang. Program pengembangan ibukota dan areal sekitarnya ini diperkirakan menelan biaya hingga US$20 miliar.

Tidak hanya program MPA yang akan terus berjalan, pemerintah juga memastikan seluruh proyek yang bekerjasama dengan pemerintah dan swasta dari Jepang akan tetap berjalan. "Baik itu terkait geothermal, MRT, transportasi, bantuan JBIC, semua berjalan tidak ada yang tidak."

Pemerintah mengharapkan upaya pemulihan disetral produksi manufaktur dari bencana tsunami yang melanda Jepang dapat segera dilaksanakan. Sektor tersebut dianggap sangat berkaitan erat dengan kegiatan ekspor impor antar kedua negara.

Pada kesempatan yang sama, Hatta menyatakan keprihatinannya terhadap musibah yang menimpa Jepang. Pemerintah juga memberikan apresiasi pada pemerintah Jepang yang tetap memenuhi komitmennya untuk melaksanakan kick off meeting membahas MPA.

"Tentu saya sangat prihatin dengan kondisi yang terjadi dengan Jepang, kami berharap mudah-mudahan Jepang dapat segera mengatasi (dampak dari) musibah itu," kata Hatta. (umi)

Jokowi Adakan Buka Puasa Bersama Menteri di Istana
Bea Cukai musnahkan ratusan ballpress pakaian bekas

Bea Cukai Musnahkan Pakaian Bekas Bernilai Ratusan Juta di Yogyakarta

Bea Cukai Yogyakarta musnahkan ratusan ballpress pakaian bekas hasil penindakan di salah satu gudang PT KOOC Kreasi.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024