Properti Hijau Hemat Energi Hingga 90%

Pembangunan Apartemen
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - PT Holcim Indonesia Tbk menilai sebagian besar properti yang ada saat ini membutuhkan energi besar untuk sistem pendingin ruangan. Tentunya, konsep bangunan 'hijau' dengan rancang bangun akan menghemat biaya, utamanya sistem pendingin yang boros energi.

Direktur RMX Holcim Indonesia, Derek Williamson, mengungkapkan, penggunaan energi untuk sistem pendingin bangunan saat ini masih sangat tinggi. "Umumnya, sistem pendingin mengonsumsi 70 persen total konsumsi energi," kata Derek pada seminar bertajuk Indoor Climate Solution: Menuju Masa Depan yang lebih Sehat di Hotel Gran Melia, Kuningan, Jakarta, Kamis 7 April 2011.

Desain gedung yang hemat energi dan ramah lingkungan, menurut dia, akan dapat menghemat 35-90 persen energi.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP

Williamson menambahkan, teknologi Indoor Climate Solution (ICS) dari Uponor dan FloCrete dari Holcim adalah sebuah teknologi yang menggunakan pendingin di bawah lantai serta mengalirkan air melalui pipa di bawah lapisan beton. "Cara ini efisien menekan beban pendinginan gedung," tuturnya.

Dia menuturkan, teknologi ICS telah banyak digunakan gedung-gedung di beberapa negara seperti Hearst Tower di Amerika Serikat, BMW World di Jerman, Bandara Suvarnabhumi di Thailand, serta Marina Bay Garden di Singapura.

"Di Indonesia, gedung dengan sistem ini belum ada. Tentunya, kami berharap ke depan, gedung-gedung baru akan menggunakan inovasi ini agar tercipta sustainable construction (konstruksi berkelanjutan)," ujar Williamson. (art)

Pemudik Harus Hati-hati, Ada 19 Perlintasan Kereta Api di Brebes Tanpa Palang Pintu 
Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024