Mengapa Gaji Pejabat Perlu Naik?

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Boediono rapat kabinet
Sumber :
  • Biro Pers Istana Presiden/Abror Rizki

VIVAnews- Setelah pemerintah menaikkan gaji pegawai negeri sipil (PNS) sebesar 10-15 persen, kini giliran kenaikan gaji pejabat yang digodok. Gaji pejabat perlu dinaikkan karena belum naik gaji sejak delapan tahun lalu.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi EE Mangindaan kenaikan ini juga disesuaikan dengan tuntutan kenaikan harga saat ini. Menurutnya selama ini gaji PNS yang didahulukan naik, karena pejabat lebih mendahulukan kenaikan gaji anak buahnya.

"Kita perhitungkan kenaikan gaji pejabat ini sejalan dengan kenaikan dengan kenaikan gaji dari PNS itu sendiri," kata Menpan, di Jakarta, Rabu 20 April 2011.

Kenaikan gaji pejabat, lanjut Mangindaan, juga menghindari gaji PNS yang justru lebih besar dibanding yang diterima menteri. Bahkan tak mungkin gaji menteri lebih rendah dibandingkan wakil menteri.

"Pada dasarnya ini pegawai pejabat negara jangan sampai gajinya lebih kecil dari PNS itu sendiri. Oleh karenanya ide kenaikan gaji pejabat tersebut muncul," kata Menpan.

Menurutnya pemerintah tengah melakukan kajian berapa besaran kenaikan yang yang akan diterapkan pada gaji pejabat. Untuk detail angkanya, Mangindaan mengatakan hal itu merupakan kewenangan Kementerian Keuangan. (sj)

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa
Dok. Istimewa

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral serta sosialisasi kebijakan yang masif menjadi kunci keberhasilan mudik sehat dan aman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024