2014, Bahan Baku Tak Boleh Diekspor

Hatta Rajasa jelang acara lamaran putrinya, Aliya Rajasa
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Menteri Koordinator Bidang Perokonomian Hatta Rajasa menegaskan, guna mewujudkan keberhasilan program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), ekspor bahan baku akan dilarang pada 2014.

Menurut dia, selama ini perekonomian Indonesia tidak bisa melambung karena industri hilir tak berkembang maksimal. "Hampir 60 tahun Indonesia hanya mengandalkan sumber daya alam," kata Hatta dalam Dialog Ekonomi dan Bisnis di Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur, di Surabaya, Senin, 30 Mei 2011.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu juga menegaskan, akibat bergantung pada penjualan bahan baku, masyarakat Indonesia tak lagi kreatif. Barang-barang jadi dari luar negeri sudah banjir, dan industri hilir tak bisa bersaing sehat.

Hatta mengatakan, saat ini harus ada lompatan mengolah bahan baku menjadi barang jadi dengan mengandalkan teknologi yang ada. "Ini sesuai dengan program MP3EI yang sudah diluncurkan Presiden SBY." (eh)

Laporan: Tudji Martudji | Surabaya

Cerita Unik Muzakki Ramdhan Tentang Menyatu dengan Reza Rahadian di Film Siksa Kubur
Nathan Tjoe-A-On

PSSI Tempuh Jalur Tak Normal Supaya Nathan Tjoe-A-On Bela Timnas U-23 Indonesia di Perempat Final

PSSI sedang berusaha mendapatkan izin dari SC Heerenven agar mau kembali melepas Nathan Tjoe-A-On ke Timnas Indonesia U-23 yang berlaga di babak perempat final.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024